ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA PADA IKLAN OBAT KEMAMPUAN SEKS YANG TERDAPAT DALAM KORAN KEDAULATAN RAKYAT DAN BERNAS DI BULAN JULI SAMPAI SEPTEMBER 2008
Abstract
Meskipun Dewan Perikanan Indonesia telah menysuun etika pariwara Indonesia sebagai landasan etis yang berisis sekumpulan nilai dan pola laku moralitas periklanan, namun pelanggaran etika periklanan masih saja terus terjadi hingga sekarang, terutama pada iklan-iklan produk obat peningkat kemampuan seksual versi iklan cetak. Berdasarkan hasil penelitian pelanggaran karena adanya pencantuman sertifikasi atau ijin resmi dari BPOM maupun Departemen Kesehatan. Pelanggaran ini paling banyak terjadi di koran KR dengan persentase 26% dan 25%. Kemudian pelanggaran lainya yakni berkisar pada masalah tidak adanya pencantuman tingkat keamanan produk dan infprmasi efek samping.