Show simple item record

dc.contributor.advisorAFANDI, MOH
dc.contributor.authorAULIANINGRUM, PRISKA
dc.date.accessioned2016-11-30T01:39:30Z
dc.date.available2016-11-30T01:39:30Z
dc.date.issued2014-07-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6597
dc.descriptionKepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak menjadi penting ketika suatu rumah sakit akan melakukan upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. HCAHPS adalah metode pengukuran kepuasan pasien yang menilai keseluruhan aspek rumah sakit. Standar ISO 9001:2000 adalah suatu sertifikat yang diberikan kepada rumah sakit yang memiliki kualitas pelayanan yang baik. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 43,5% pasien mengatakan sangat puas dan 56,5% mengatakan puas dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit berstandar ISO 9001:2000 di Yogyakarta sesuai dengan komponen survey HCAHPS. Dapat disimpulkan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diterima dari rumah sakit yang sudah menerapkan standar ISO 90001:2000 di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan ada pengembangan untuk metode-metode pengukuran kepuasan pasien salah satunya HCAHPS sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.en_US
dc.description.abstractKepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Pengukuran tingkat kepuasan pasien mutlak menjadi penting ketika suatu rumah sakit akan melakukan upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. HCAHPS adalah metode pengukuran kepuasan pasien yang menilai keseluruhan aspek rumah sakit. Standar ISO 9001:2000 adalah suatu sertifikat yang diberikan kepada rumah sakit yang memiliki kualitas pelayanan yang baik. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 43,5% pasien mengatakan sangat puas dan 56,5% mengatakan puas dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit berstandar ISO 9001:2000 di Yogyakarta sesuai dengan komponen survey HCAHPS. Dapat disimpulkan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diterima dari rumah sakit yang sudah menerapkan standar ISO 90001:2000 di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan ada pengembangan untuk metode-metode pengukuran kepuasan pasien salah satunya HCAHPS sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectKEPUASAN PASIENen_US
dc.subjectHCAHPSen_US
dc.subjectISO 9001:2000en_US
dc.titleTINGKAT KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS (THE HOSPITAL CONSUMER ASSESSMENT HEALTHCARE PROVIDERS AND SYSTEM) PADA RUMAH SAKIT DENGAN STANDAR ISO 9001:2000 DI YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record