ANALISIS KINERJA ORGANISASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI DINAS PERIJINAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2008-2009)
Abstract
Permasalahan gangguan, bangunan dan usaha sering terjadi pada masyarakat yang tempatnya atau usahanya belum memiliki bukti izin atas usaha yang dilakukannya. Oleh karena itu peran kantor Dinas Perijinan Kabupaten Bantul bagi masyarakat khususnya Bantul sangat penting karena sebagai instansi administrasi yang menangani masalah perizinan, kantor Dinas Perijinan Kabupaten Bantuldi tuntut untuk lebih maksimal dalam memberikan pelayanan publik. Pada penelitian ini penulis menyarankan agar Dinas Perijinan kabupaten Bantul selalu meningkatkan kualitas pelayanannya pada masyarakat, baik itu dalam memberikan pelatihan-pelatihan atau diklat pada pegawai, agar pegawai Dinas Perijinan Kabupaten Bantul memiliki wawasan Keterampilan yang lebih luas. Sehingga dalam melaksanakan pekerjaan atau dalam proses pelayanan kepada masyarakat/ konsumen selaku pengguna jasa pelayanan dapat terselesaikan dengan efisien dan lebih baik lagi.