PERBEDAAN PENGAJARAN MENYIKAT GIGI METODE VIDEO DAN PERAGA TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK ANAK USIA 10-12 TAHUN
Abstract
Plak gigi merupakan penyebab utama terjadinya keries dan penyakit periodontal, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan penyakit gigi dan mulut sedini mungkin dengan cara penyuluhan tentang menyikat gigi. Usia sekolah dasar merupakan saat yang ideal untuk melatih kemampuan motorik seorang anak , termasuk cara menyikat gigi dengan benar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan metode pengajaran cara menyikat gigi menggunakan video dan peraga terhadap penurunan indeks plak pada anak usia 10-12 tahun.
Berdasarkan hasil penelitian ini yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap metode pengajaran cara menyikat gigi menggunakan video dna peraga terhadap penurunan indeks plak pada anak usia 10-12 tahun.