Show simple item record

dc.contributor.advisorWASNIATI, AKRIM
dc.contributor.authorRAHMAWATI, RAHMAWATI
dc.date.accessioned2016-12-06T05:08:43Z
dc.date.available2016-12-06T05:08:43Z
dc.date.issued2016-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6871
dc.descriptionMahasiswa tahun pertama tidak terlepas dari berbagai macam stress baik stress fisik, biologis maupun psikologis. Kejadian stres yang tinggi pada mahasiswa dapat merugikan dalam hal prestasi akademik, kompetensi, profesionalitas, kesehatan dan dapat mempengaruhi perkembangan gejala penyakit dan kesehatan sehingga diperlukan adanya mekanisme koping atau usaha individu untuk mengatasi stress. Mekanisme koping yang baik dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan emosional mahasiswa. Apabila mahasiswa memiliki kecerdasan emosional tinggi maka mereka akan mampu untuk mengendalikan diri ketika ada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan mekanisme koping mahasiswa tahun pertama. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif korelasional dengan menggunakan metode cross sectional dan metode analisa data menggunakan Contingency Coefficient. Sampel penelitian ini terdiri dari 99 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di Mahasiswa PSIK UMY pada bulan Mei 2016. Kecerdasan emosional pada mahasiswa PSIK UMY tahun pertama didominasi oleh kategori sedang yakni sebanyak 74 orang (74,7%), sedangkan mekanisme koping mahasiswa PSIK UMY tahun pertama didominasi oleh kategori adaptif yaitu sebanyak 50 orang (52,5%). Penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi (p-Value) yang besarnya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan dengan mekanisme koping. Hal ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosional maka mekanisme koping semakin adaptif. Dengan nilai r = 0,452 yang berarti keeratan hubungan sedang.en_US
dc.description.abstractFirst grade students of university have to feel various stresses such as physical, biological or psychological stress. Having high stress moment could harm students' academic achievements, competency, professionality, health and influence the growth of indication towards diseases and health for these reasons a koping meccanism or an individual effort to overcome stress is needed. The level of students' emotional brightness highly influences a good koping meccanism. If students have high emotional brightness they would be able to control themselves when facing any problems. A research is needed to find a relation between emotional brightness with koping meccanism towards the first grade students of university. This research uses a correlative descriptive design along with the use of cross sectional and contingency coefficient analysing data method. The sample of this research will include around 99 students who is picked by simole random sampling technique. This research is conducted towards students PSIK UMY on May 2016. The emotional brightness of PSIK UMY first grade students is dominated by middle category as big as 74 students (74,7%), while koping meccanism of PSIK UMY first grade students is dominated by adaptive category is as high as 50 students (52,5%). This research shows value of significance (p-Value) as big as 0,000 < 0,05 so Ha is accepted, it means that it has positive relation between emotional brightness with koping meccanism. It means that the more high students' emotional brightness the more adaptive their koping meccanism. By the value r = 0,452 which means the middle range of close relationship.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectEmotional brightness, stress, koping meccanism. Kecerdasan emosional, stress, mekanisme koping.en_US
dc.titleHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record