STRATEGI PROGAMMING RRI PRO 1 YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR (Studi Deskriptif Strategi Programming Radio Republik Indonesia Programa 1 Yogyakarta)
Abstract
Media massa berkembang dnegan pesat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi massa sekarang ini, Kebutuhan masyarakat akan adanya informasi, hiburan dan edukasi tidak terlepas dari peran suatu media. Salah satunya adalah radio, radio merupakan media massa elektronik yang diminati oleh masyarakat yang dapat dnegan mudah untuk dinikmati dimanapun kita berada. Pada perkembangannya sekarang ini, di Yogyakarta kini terdapat 38 radio swasta siaran radio dalam memperebutkan jumlah pendengar. Salah satunya adalah RRI PRO 1 Yogyakarta merupakan program siaran daerah yang melayani segmen masyarakat yang luas sampai pedesaan melalui sajian informasi, pendidikan, budaya dan hiburan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi programming RRI PRO 1 Yogyakarta dalam mempertahankan pendengar serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi programming RRI PRO 1 Yogyakarta dalam mempertahankan pendengar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program yang dilakukan RRI PRO 1 Yogyakarta terdiri dari perencanaan program, produksi program, ekskusi program, serta pengawasan dan evaluasi program.