Show simple item record

dc.contributor.advisorYUNIARTI, FALASIFAH ANI
dc.contributor.authorNUGRAHENI, CHRIS SHANDI
dc.date.accessioned2016-12-20T08:29:59Z
dc.date.available2016-12-20T08:29:59Z
dc.date.issued2016-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7352
dc.descriptionMenarche adalah menstruasi pertama kali yang dialami oleh anak sebagai tanda dari kematangan seorang perempuan. Menarche berperan sebagai batas antara masa kanak-kanak dan remaja. Usia anak perempuan saat menarche adalah pada usia antara 10 sampai 16 tahun dan rata-rata terjadi pada usia 12 tahun 5 bulan. Pengalaman yang dialami anak usia sekolah dasar sangat penting untuk mengetahui bagaimana kesiapan anak dalam mengahadapi menarche. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman anak usia sekolah dasar pada saat menarche. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi deskriptif wawancara secara mendalam. Partisipan berjumlah lima partisipan yang tercatat sebagai siswi di Sekolah Dasar Negeri Ngrukeman dan telah mengalami menarche. Teknik pemilihan sampel adalah secara purposive sampling dan menggunakan media tape recording untuk mendokumentasikan data wawancara Hasil: hasil penelitian menunjukkan 8 tema yaitu 1) dominasi perasaan anak saat menarche, 2) dukungan saat menarche, 3) kesiapan menghadapi menarche, 4) ketidaknyamanan anak saat menarche, 5) makna menarche bagi anak, 6) perawatan diri anak saat menstruasi, 7) perubahan anak setelah menarche, 8) upaya mengatasi ketidaknyamanan saat menarche Kesimpulan: Partisipan dalam penelitian ini mayoritas memiliki kesiapan dan pemahaman yang masih kurang tentang menarche sehingga masih muncul hal-hal negatif saat menghadapi menarche.en_US
dc.description.abstractMenarche is the first menstrual period experienced by children as a sign of the maturity of a woman. Menarche serves as the boundary between childhood and adolescence. The age of girls menarche was at the age between 10 to 16 years and the average going at the age of 12 years and 5 months. Experiences the children of primary school age is very important to know how a child's readiness in facing menarche. Purpose: This study aims to know the experience of primary school age children at the time of menarche. Method: This study uses a qualitative method with descriptive phenomenology design in-depth interviews. Participants were five participants registered as a student at the State Primary School Ngrukeman and has experienced menarche. Sample selection technique was by purposive sampling and using tape recording media for documenting the interview data Results: The results showed eight themes, namely 1) the dominance of children's feelings at menarche, 2) support at menarche, 3) preparedness for menarche, 4) the child's discomfort at menarche, 5) the meaning of menarche for children, 6) self-care of children during menstruation, 7) changes in children after menarche, 8) attempts to overcome the inconvenience of menarche Conclusion: Participants in this study had a majority of preparedness and understanding are still lacking about menarche so that they appear negative things in the face of menarche.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectExperience, menarche, the age of primary school children. Pengalaman, Menarche, Anak Usia Sekolah Dasaren_US
dc.titlePENGALAMAN MENARCHE ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 382en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record