Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.authorKIRAM, IKHWANNUL
dc.date.accessioned2016-12-22T07:27:50Z
dc.date.available2016-12-22T07:27:50Z
dc.date.issued2016-12-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7423
dc.descriptionDalam kegiatan kepariwisataan, promosi digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan obyek wisata, baik dari potensinya dan produk yang dihasilkan. Kota Banjarmasin merupakan kota yang memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas, khususnya pada obyek wisata Pasar Terapung Siring Tendean. Pasar Terapung Siring Tendean termasuk obyek wisata yang baru di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean pada tahun 2015. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengamati dan menganalisa strategi promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean pada tahun 2015. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara dan dokumentasi. Key informan pada penelitian ini adalah Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin beserta Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean tahun 2015 adalah menggunakan serangkaian langkah perencanaan aktivitas promosi yang meliputi: (1) penetapan tujuan promosi (2) merancang pesan dan memilih saluran komunikasi (3) menentukan bauran promosi (4) menentukan jumlah anggaran, dan (5) aksi. Sedangkan media promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean adalah media iklan mencakup iklan above the line (surat kabar, radio, dan website), iklan below the line (leaflet, brosur, baliho, dan VCD), public relations, exhibitions, personal selling, penyuluhan sadar wisata. Berdasar pada elemen yang digunakan, kegiatan promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin merupakan aktivitas promosi yang saling berkaitan.Namun masih ada terdapat beberapa hal yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan agar hasil promosi menjadi lebih maksimal.en_US
dc.description.abstractDalam kegiatan kepariwisataan, promosi digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan obyek wisata, baik dari potensinya dan produk yang dihasilkan. Kota Banjarmasin merupakan kota yang memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas, khususnya pada obyek wisata Pasar Terapung Siring Tendean. Pasar Terapung Siring Tendean termasuk obyek wisata yang baru di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean pada tahun 2015. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengamati dan menganalisa strategi promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean pada tahun 2015. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara dan dokumentasi. Key informan pada penelitian ini adalah Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin beserta Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean tahun 2015 adalah menggunakan serangkaian langkah perencanaan aktivitas promosi yang meliputi: (1) penetapan tujuan promosi (2) merancang pesan dan memilih saluran komunikasi (3) menentukan bauran promosi (4) menentukan jumlah anggaran, dan (5) aksi. Sedangkan media promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin dalam memperkenalkan wisata Pasar Terapung Siring Tendean adalah media iklan mencakup iklan above the line (surat kabar, radio, dan website), iklan below the line (leaflet, brosur, baliho, dan VCD), public relations, exhibitions, personal selling, penyuluhan sadar wisata. Berdasar pada elemen yang digunakan, kegiatan promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin merupakan aktivitas promosi yang saling berkaitan.Namun masih ada terdapat beberapa hal yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan agar hasil promosi menjadi lebih maksimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subject“Pasar Terapung Siring Tendean”en_US
dc.subjectWisataen_US
dc.subjectStrategi Promosien_US
dc.titleSTRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KOTA BANJARMASIN DALAM MEMPERKENALKAN WISATA “PASAR TERAPUNG SIRING TENDEAN” TAHUN 2015en_US
dc.typeThesis SKR 480en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Publication
    Berisi naskah publikasi tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa UMY.

Show simple item record