Show simple item record

dc.contributor.advisorSUKMONO, FILOSA GITA
dc.contributor.authorPRADIANTY, VIDDYA DWI
dc.date.accessioned2016-12-23T08:28:19Z
dc.date.available2016-12-23T08:28:19Z
dc.date.issued2016-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7438
dc.descriptionPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi asimilasi etnis Tionghoa yang ditampilkan dalam film Ngenest. Film yang disutradarai Ernest Prakasa ini rilis pada akhir tahun 2015. Film Ngenest bercerita mengenai seorang laki-laki keturunan etnis Tionghoa yang merasakan beratnya terlahir sebagai kaum minoritas di Indonesia dan tumbuh besar di masa Orde Baru, di mana diskriminasi terhadap etnis tersebut masih sangat kental sehingga ia menjadi korban bullying teman-teman Pribuminya. Kemudian ia mencari cara agar terlepas dari diskriminasi dan bullying. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotik John Fiske dalam mengetahui tanda-tanda yang dimunculkan dalam film Ngenest melalui tiga level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Dalam penelitian ini terdapat tiga kategori yang menjadi temuan peneliti, yaitu transparansi etnis Tionghoa terhadap etnis Pribumi, transparansi etnis Pribumi terhadap etnis Tionghoa, dan marital assimilation etnis Tionghoa dengan Pribumi. Hasil penelitian ini adalah bahwa film Ngenest ingin menunjukkan bentuk-bentuk asimilasi yang dihadirkan. Bentuk asimilasi dari ketiga kategori yang menjadi temuan peneliti dapat menghadirkan stereotip baru kepada khalayak antara etnis Tionghoa dan etnis Pribumi, dengan bentuk-bentuk transparansi dan marital assimilation yang dihadirkan dalam film Ngenest sebagai objek penelitian ini.en_US
dc.description.abstractThis research is conducted to find out how representation of Chinese ethnics assimilation shown in the film of Ngenest. This film directed by Ernest Prakasa was released in the end of 2015. The film of Ngenest tells about a Chinese guy who felt the hard thing as a minority-born man in Indonesia and grew up in the period of New Orde government in which the discrimination still existed to Chinese ethnics, so that he became the victim of their Native friends' bullying. Then after, he looked for the way out from this discrimination and bullying. The type of this research is qualitative research that uses the method of semiotics analysis of John Fiske in discovering the signs shown in the film of Ngenest through these levels that are level of reality, representation and ideology. In this research, there are three categories which become the researcher's discoveries, namely transparency of Chinese ethnics to Native ethnics, transparency of Native ethnics to Chinese Ethnics, and marital assimilation of Chinese ethnics to Native ethnics. The result of this research is that the film of Ngenest is eager to show the forms of assimilation that is presented. The forms of assimilation from those three categories are able to present new stereotypes to the public between Chinese ethnics and Native ethnics through the forms of transparencies and marital assimilation presented in the film of Ngenest as the object of this research.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectSemiotics, Film, Chinese Ethnics, Assimilation. Semiotik, Film, Etnis Tionghoa, Asimilasien_US
dc.titleREPRESENTASI ASIMILASI ETNIS TIONGHOA DALAM FILM INDONESIA (Analisis Semiotik pada Film Ngenest) REPRESENTATION OF CHINESE ETHNICS ASSIMILATION IN INDONESIAN FILMS (Semiotics Analysis in the Film of Ngenest)en_US
dc.typeThesis SKR 567en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record