Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.authorMAHARDANI, PUSPITA SEPTI
dc.date.accessioned2016-12-27T01:52:21Z
dc.date.available2016-12-27T01:52:21Z
dc.date.issued2016-12-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7513
dc.descriptionPenelitian ini meneliti tentang bagaimana strategi kreatif program “Islam Itu Indah” di TRANS TV dalam mempertahankan penonton Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses produksi program “Islam Itu Indah”. (2) Untuk mendeskripsikan strategi kreatif yang diterapkan oleh tim “Islam Itu Indah” dalam mempertahankan program selama lima tahun agar program bisa tetap diminati. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proses produksi dan strategi kreatif dalam program televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) yang beralamat di Jln. Kapten Tendean Kav 12-14 A Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Peneliti mendapatkan sumberdata dari hasil wawancara dengan informan (1 produser, 1 senior kreatif, 2 kreatif, 2 jamaah di studio dan 2 jamaah di rumah). Kemudian mendokumentasikan dan ikut terjun langsung dalam kegiatan pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Mereduksi data dengan meringkas secara sistematis hasil dari wawancara dengan informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif program “Islam Itu Indah” di TRANS TV dalam mempertahankan penonton Tahun 2016 yaitu memberikan inovasi-inovasi baru dengan cara (1) Menampilkan host yang bervariatif. (2) Isi segmen dalam rundown tidak hanya tausiyah saja, ada murotal, kisah teladan/inspiratif, belajar ngaji bersama Ustadz Syam, tanya jawab Syam, Curahan Hati Suami Istri (CHSI). (3) Membuat dekorasi tempat syuting yang bervariatif.en_US
dc.description.abstractThis research examines the creative strategy of program “Islam Itu Indah” by Trans TV in maintaining its viewers in 2016. The aims of this research are (1) To describe creative strategy implemented by the team of “Islam Itu Indah” in order to maintain its already 5 (five) years long run program and keep people interest. Theoretical frameworks used for this research are production process and creative strategy in television program. The method used qualitative approach with descriptive-type of research. This research takes place in PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) located at Jln Kapten Tendean Kav. 12-14 A Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Researcher gathered the data from interviews with interviewee (1 producer, 1 senior creative, 2 creatives, 2 followers in the studio, and 2 followers at home). Then, documented and directly involved in the pre-production process, production, and even post-production. Data reduction was done by systematically summing up the results from interviews. The result from this research shows that creative strategies from “Islam Itu Indah” program of Trans TV in maintaining its viewers in 2016 are provide new innovations and ways (1) Provision of variative host. (2) Segmentation of content in the rundown is not only filled with “tausiyah”, but also “murotal”, inspiring stories, reading Koran together with Ustadz Syam, Question and Answer (Q&A), Curahan Hati Suami Istri (a shoulder to cry on of husband and wife), and (3) Creation of variative shooting venue decorationen_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectCreative Strategy, Television Program, Production Process Stages, Islam Itu Indah Program. Strategi Kreatif, Program Televisi, Tahap Proses Produksi, Program Islam Itu Indahen_US
dc.titleSTRATEGI KREATIF PROGRAM “ISLAM ITU INDAH” DI TRANS TV DALAM MEMPERTAHANKAN PENONTON TAHUN 2016 (CREATIVE STRATEGY OF PROGRAM "ISLAM ITU INDAH" ON TRANS TV IN MAINTAINNG VIEWERS IN 2016)en_US
dc.typeThesis SKR 569en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record