Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.authorKHAIRIAH, NUR RAHMAWATI
dc.date.accessioned2016-12-28T02:27:42Z
dc.date.available2016-12-28T02:27:42Z
dc.date.issued2016-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7594
dc.descriptionPengguna instagram tidak hanya berasal dari mereka yang menyukai fotografi namun juga datang dari berbagai lapisan masyarakat tidak terkecuali dengan Mahasiswa UMY yang notabenenya adalah seorang remaja dan khalayak aktif media dan tentu saja menjadi hal menarik untuk mengetahui motif mereka untuk memilih instagram sebagai salah satu media yang mereka gunakan. Desain penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan sumber penelitian menggunakan wawancara, observasi dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan convenience sampling (accidental sampling) dengan kriteria mahasiswa aktif UMY dan telah menggunakan instagram. Analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif menggunakan SPSS versi 19 dan 22, sementara untuk uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil pada penelitian ini menunjukkan jika terdapat motif yang mempengaruhi mahasiswa UMY dalam menggunakan instagram namun berada pada kategori sedang. Motif yang paling mempengaruhi mereka adalah motif hiburan sementara motif yang kurang mempengaruhi mereka adalah motif informasi. Faktor yang menyebabkan motif yang mempengaruhi mahasiswa UMY dalam menggunakan instagram hanya ada pada kategori sedang adalah selain karena mahasiswa UMY merupakan khalayak aktif media yang menggunakan media untuk memuaskan diri dan memenuhi kebutuhan mereka, mahasiswa UMY juga beranggapan jika instagram masih kurang memenuhi kebutuhan dan memuaskan mereka.en_US
dc.description.abstractInstagram users comes from all social class and so are the students of Muhammadiyah Univeristy of Yogyakarta which classified as young adult and also active audiences. This become an interest thing for researcher to research the motive of the users of instagram why they choose instagram as one of the media they use as one of their media social. This is a research using quantitative descriptive design and using interview, observation and questionnaire as the sources. This research using convenience sampling (accidental sampling) and the students of Muhammadiyah University of Yogyakarta become the object of this research. The analys data using descriptive analysis combine with SPSS 19 and 22, meanwhile for validity and reliabity test using Pearson Product Moment and Alpha Cronbach formula. This research shows that there are motives that affect students of Muhammadiyah University of Yogyakarta in using instagram but are in the moderate category. The most motive that affect students of Muhammadiyah University of Yogyakarta in using instagram is motive of entertainment, and the least motive is motive for getting information. Factor that cause motives which affect Muhammadiyah University of Yogyakarta students in using instagram only in moderate category is no other than the fact that Muhammadiyah University of Yogyakarta students are active audiences of media which using media to statisfy their needs and thinks that instagram has not fulfill their needs.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectINSTAGRAMen_US
dc.subjectMEDIA SOSIALen_US
dc.subjectMOTIF MENGGUNAKAN MEDIA BARUen_US
dc.titleMOTIF MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA MAHASISWA UMYen_US
dc.typeThesis SKR 462en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record