PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PRODI SI KEPERAWATAN STIKES BANYUWANGI
Abstract
Latar Belakang : Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah mengadakan perbaikan kurikulum dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning, salah satunya adalah dengan menggunakan metode tutorial. Keberhasilan dari diskusi tutorial sangat dipengaruhi oleh tahapan struktur yang terdapat dalam tutorial seven jump. Proses ini akan mempengaruhi perilaku peserta didik itu sendiri baik pengetahuan (kognitif), afektif (sikap) dan psikomotor.
Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh metode pembelajaran PBL tutorial seven jump terhadap kemampuan kognitif dan afektif mahasiswa.
Metode Penelitian : jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini telah menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan pendekatan pre and post test withaout control dengan treatment Problem Based Learning. Sampel dalam penelitian ini menggunakan soal MCQ ( kognitif) dan observasi (afektif). Kemudian di analisa menggunakan uji paired samples t test.
Hasil Penelitian :
Hasil penelitian setelah dilakukan 3x intervensi Problem Based Learning menunjukkan nilai kemampuan kognitif ρ-value = 0.001 ( ρ-value < 0.05), sedangkan untuk nilai afektif ρ-value = 0.000 ( ρ-value < 0.05). Penilaian kemampuan kognitif yang tertinggi adalah pada tutorial pertama, sedangkan untuk nilai afektif yang tertinggi adalah tutorial ketiga.
Kesimpulan : Ada pengaruh kemampuan kognitif dan afektif mahasiswa prodi SI Kjeperawatan STIKes Banyuwangi setelah dilakukan 3x metode PBL tutorial seven jump.