STRATEGI KAMPANYE “TAHUN PEMBINAAN WAJIB PAJAK” DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DIY DALAM MENDORONG WAJIB PAJAK MELAPORKAN SPT DAN TAAT MEMBAYAR PAJAK TAHUN 2015
Abstract
Kampanye merupakan serangkaian langkah/tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu. Tahun 2015, Pemerintah melalui Kementrian Keuangan mengeluarkan Peraturan menteri Nomor 91/PMK.03/2015 tentang pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi atas keterlambatan penyampaian surat pemberitahuan, pembetulan surat Pemberitahuan dan keterlambatan pembayaran atau penyetoran pajak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan analisis data, kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y yang merupakan pelaksana kampanye tahun 2015. Pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi yang dimiliki Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta
Hasil dari peneltian ini menyimpulakn bahwa strategi kampanye yang dilakukan sudah tepat. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y dengan mengandalkan media massa cetak, elektronik dan media luar ruang. Kemudian untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi Direktorat Jenderal Pajak D.I.Y perlu menambahkan serta memaksimalkan penggunaan media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, LINGKUNGAN WAJIB PAJAK, SIKAP RELIGIUSITAS WAJIB PAJAK, DAN KEMANFAATAN NPWP TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KLATEN)
ANGGRAENI, LADY AYU (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-01)This research is aimed at providing the empirical proof on individual taxpayer’s compliance specifically for the individual taxpayer registered in Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten. This research tests the factors on ... -
PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, LINGKUNGAN WAJIB PAJAK, SIKAP RELIGIUSITAS WAJIB PAJAK, DAN KEMANFAATAN NPWP TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KLATEN)
ANGGRAENI, LADY AYU (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-01)This research is aimed at providing the empirical proof on individual taxpayer’s compliance specifically for the individual taxpayer registered in Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten. This research tests the factors on ... -
PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK, SISTEM SAMSAT DRIVE THRU DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR
ARDIANSYAH, RIZKI (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-11-28)This study aims to analyze the effect of taxpayer knowledge, taxpayer awareness, tax sanctions, samsat drive thru system and income level on taxpayer compliance in paying motor vehicle tax. Subjects in the study were motor ...