Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUDI
dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.authorMOMINTAN, ABD RAHMAN
dc.date.accessioned2017-01-02T03:03:28Z
dc.date.available2017-01-02T03:03:28Z
dc.date.issued2013-12-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7756
dc.descriptionPenambahan ethanol menjadi salah satu alternatif terhadap banyaknya penggunaan bahan bakar fosil yang akan habis pada beberapa tahun ke depan. Tetapi dengan menggunakan ethanol terdapat kendala dalam hal pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yang disebabkan oleh angka oktan dan kadar air yang ada pada ethanol. Dalam mengatasi hal tersebut variasi timing pengapian menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kinerja mesin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing timing standar torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi CDI standar dan CDI racing timing non-standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (mf) lebih rendah dari pada kondisi CDI racing.en_US
dc.description.abstractPenambahan ethanol menjadi salah satu alternatif terhadap banyaknya penggunaan bahan bakar fosil yang akan habis pada beberapa tahun ke depan. Tetapi dengan menggunakan ethanol terdapat kendala dalam hal pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yang disebabkan oleh angka oktan dan kadar air yang ada pada ethanol. Dalam mengatasi hal tersebut variasi timing pengapian menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kinerja mesin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing timing standar torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi CDI standar dan CDI racing timing non-standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (mf) lebih rendah dari pada kondisi CDI racing.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectETHANOLen_US
dc.subjectTIMING PENGAPIANen_US
dc.subjectCDI RACINGen_US
dc.subjectCDI STANDARen_US
dc.subjectMOTOR BENSIN EMPAT LANGKAHen_US
dc.titleKAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL 40%en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record