HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KEBERSIHAN MULUT DENGAN STATUS KEBERSIHAN MULUT PADA LANJUT USIA (KAJIAN DI PANTI WREDA ABIYOSO)
Abstract
Jumlah penduduk lanjut usia , terutama di Negara berkembang bertambah lebih cepat dari pada penduduk usia muda. Dari berbagai penelitian, status kebersihan mulut penduduk lanjut usia buruk, hal ini kemungkinan disebabkan oleh pengetahuan dan sikap mereka terhadap pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap kebersihan mulut dengan status kebersihan mulut pada lanjut usia. Pada hasil analisis bivariat, nilai sikap dan pengetahuan terhadap kesehatan mulut pada lanjut usia berturut-turut adalah 0,545. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa pengetahuan dan sikap tidak memiliki hubungan yang bermakna terhadap status kebersihan mulut pada lanjut usia .
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN MASALAH KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA IBU HAMIL(KAJIAN PADA IBU HAMILl DI RUMAH BERSALIN HANDAYANI,SUREN KUTOARJO PURWOREJO)
HELANIA, ARDIANA KRISTY; ASTUTI, NOVITASARI RATNA (PSPDG FKIK UMY, 2015-09-29)Latar Belakang: Kehamilan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya masalah kesehatan gigi dan mulut, untuk itu ibu hamil dituntut untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut serta ... -
PENGARUH KEGEMBIRAAN, KECINTAAN PADA MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KOMUNIKASI MULUT KE MULUT
NINDYASWURI, LAKSITA (FE UMY, 2017-04-26)This research aims to analize the influence of excitement, brand love, and brand image on word of mouth. Sampling method used in this research is the nonprobability sampling and nonprobability sampling purposive sampling ... -
PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT PELANGGAN DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN
SUPRIYATNO, ALIF (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-22)This study aims to determine the effect of corporate social responsibility on word of mouth with trust and corporate reputation as mediating variable, a study on Hero Supermarket customer in Yogyakarta. The sampling ...