ANALISIS PARKIR SEPEDA MOTOR (Studikasus : Taman Parkir Abu Bakar Ali Malioboro I Yogyakarta )
Abstract
Parkir merupakan kebutuhan mutlak untuk sebuah pusat kegiatan. Taman
Parkir Abu Bakar Ali Malioboro I (TPM I) Yogyakarta merupakan salah satu
pusat parkir yang cukup sibuk untuk menampung kendaraan yang akan menuju
pusat kegiatan Malioboro Yogyakarta. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan
yang baik agar tidak menimbulkan masalah pada masa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan selama 2 hari pengamatan yaitu pada hari libur
dan hari kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
observasi yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder.
Hasil analisis menunjukan bahwa akumulasi maksimum parkir sepeda
Motor di Taman Parkir Abu Bakar Ali Malioboro I (TPM I) Yogyakarta pada hari
libur yaitu sebesar 401 kendaraan pada jam 16:45-17:00 WIB sedangkan
akumulasi maksimum pada hari kerja yaitu 192 kendaraan pada jam 17:15-17:30
WIB. Konfigurasi parkir sepeda motor TPM I menggunakan pola parkir 900.
Kapasitas ruang parkir sepeda motor TPM I adalah 2760 m2 atau dapat
menampung 1306 kendaraan. Indeks parkir sepeda motor pada hari Minggu
adalah 30,70% dan hari Senin adalah 14,70%. Volume parkir maksimum sepeda
motor TMP I terjadi pada hari Minggu sebesar 1492 kendaraan sedangkan pada
hari Senin 724 kendaraan. Tingkat turnover sepeda motor pada hari Libur
sebesar 1,14 kendaraan/hari/ruang dan hari Kerja sebesar 0,55
kendaraan/hari/ruang. Kebutuhan ruang parkir (KRP) sepeda motor TPM I pada
hari Minggu sebesar 776 m2 dengan KRP efektif sebanyak 602 m2 dan 401 petak
sedangkan hari Senin 372 m2 dengan KRP efektif 288 m2 dan 192 petak. Nilai
headway maksimum pada hari Minggu yaitu 0,28 menit/kendaraan sedangkan
headway pada hari Senin yaitu 0,52 menit/kendaraan. Prediksi 10 tahun yang
akan datang akumulasi tahun 2026 sebesar 1040 kendaraan, sedangkan
kapasitasnya adalah 1306 kendaraan.