Show simple item record

dc.contributor.advisorRIJALUL, NAUFAL AHMAD
dc.contributor.authorCHAERANI, FEBRINA
dc.date.accessioned2017-01-18T02:20:16Z
dc.date.available2017-01-18T02:20:16Z
dc.date.issued2017-01-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8541
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji sains penciptaan alam semesta dalam kandungan Al-Qur’an menurut Harun Yahya dalam buku The Qur’an Leads The Way to Science dan menjelaskan implementasinya pada pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis library research (penelitian pustaka). Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan yaitu buku karya Harun Yahya yang berjudul The Qur’an Leads The Way to Science. Sumber data sekunder yang digunakan yaitu buku-buku serta penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Dari penelitian ini diketahui bahwa dalam buku The Qur’an Leads The Way to Science karya Harun Yahya dibahas mengenai pentingnya agama bagi sains. Sains yang paling dominan dibahas dalam buku ini adalah tentang asal-usul alam semesta serta penciptaan manusia. Sains penciptaan alam semesta ini dapat diimplementasikan pada pendidikan Islam, yaitu dengan mengintegrasikannya ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu bentuk pendidikan Islam di sekolah. Dalam penerapannya, integrasi PAI dengan sains dapat dituangkan dalam kurikulum yang terdiri dari tujuan, materi, metode dan evaluasi: (1) Tujuan pendidikan Islam tidak hanya membina manusia agar mampu melaksanakan ajaran-ajaran agama Islam. Tetapi juga menguatkan keyakinan manusia bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Esa, dengan cara mempelajari awal mula penciptaan alam semesta beserta makhluk dan kejadian-kejadian yang ada di dalamnya. (2) materi yang disampaikan dalam mata pelajara PAI tidak hanya mencakup ajaran-ajaran agama saja melainkan juga fakta-fakta ilmiah yang mendukung ajaran agama tersebut. (3) metode yang dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran integrative. (4) evaluasi yang digunakan sama halnya dengan evaluasi dalam pelajaran lain yaitu dengan menggunakan berbagai macam alat evaluasi dan sesuai materi yang telah disampaikan. Karena materi yang disampaikan merupakan integrasi PAI dengan sains, maka bentuk evaluasinya pun demikian.en_US
dc.description.abstractThis research aims to assess the scientific creation of the universe in the content of the Qur'an by Harun Yahya on his work The Qur'an Leads the Way to Science and describes it implementation to the Islamic education. This research used descriptive qualitative with the type of research library. There are two types of data sources: primary and secondary. The primary data source was Harun Yahya's work The Qur'an Leads the Way to Science. Secondary data sources were books and the others research wich relevant to this research. From this research known that on the Harun Yahya’s work The Qur'an Leads the Way to Science discussed the importance of religion to science. The most dominant science discussed on this book was about the origins of the universe and the creation of man. Science creation of the universe could be implemented at Islamic education, by integrated it into subjects of Pendidikan Agama Islam (PAI) as a form of Islamic education in schools. In the application, the integration of PAI with science can be contained in the curriculum that consists of objectives, materials, methods and evaluation: (1) The purpose of Islamic education not only foster human to be able to implement the teachings of Islam. But also strengthen the human belief that Allah was the only one God, by studied the original creation of the universe and the creatures and events in it. (2) the material presented in the PAI included not only religious teachings but also the scientific facts that supported the teachings of the religion. (3) a method that could be applied was integrative learning model. (4) evaluation used in the evaluation as well as other subjects, there were by used variety of evaluation tools and suitable material that has been delivered. Because of the material presented was integration of PAI with science, then the evaluation form too.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectscience, creation of the universe, Islamic education. sains, penciptaan alam semesta, pendidikan Islamen_US
dc.titleSAINS PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DALAM AL-QUR’AN MENURUT HARUN YAHYA DALAM BUKU THE QUR’AN LEADS THE WAY TO SCIENCE DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.typeThesis SKR 271en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record