Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUFUF A
dc.contributor.authorDINATA, FAJAR
dc.date.accessioned2017-01-18T03:06:50Z
dc.date.available2017-01-18T03:06:50Z
dc.date.issued2016-12-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8555
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa uapaya guru pendidikan agama Islam dalam penanaman karakter kejujuran peserta didik. Maka penelitian ini yang akan diuangkap adalah apa saja upaya guru pendidikan agama Isalm dan, apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam mengupayakan penanaman karakter kejujuran pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan penelitian ini kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, serta empat peserta didik kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu : upaya guru pendidikan agama Islam yang dilakukan sebagai pengajar dan pendidik untuk menanamkan karakter kejujuran, sebagai proses pembelajaran peserta didik dalam melatih kepribadiannya menjadi peribadi yang baik dalam meningkatkan prestasi berdasarkan keimanan dan ketaqwaan serta ilmu dan teknologi yang bermanfaat. Dengan adanya informan menuturkan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik dalam berprilaku terhadap dirinya dan oranglain, karenakan dalam materi-materi yang mengandung nilai-nilai kejujuran itulah menjadi acuan bagi peserta didik untuk berprilaku yang sesuai apa yang diajarkan. Dengan menggunakan metode-metode yang bisa dipahami oleh peserta didik, sehingga bisa cepat dipelajari dan dilakukan dengan benar.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine how the undertakings of Islamic religious education teachers in planting characters honesty learners. So this research will diuangkap is any attempt Isalm and religious education teacher, what are the supporting factors and obstacles in pursuing planting honesty characters on the learner. This research was conducted in SMP Negeri 11 Yogyakarta. This study uses descriptive qualitative approach by conducting interviews with parties associated with this research principals, Islamic religious education teachers and four students of class VII and VIII. Data collection techniques researchers use several techniques, namely; observation, interviews and documentation. Analysis of the data in this research is the analysis of qualitative data. The results of this study are: the efforts of Islamic religious education teachers who do as teachers and educators to instill character of honesty, as the learning process of students in the training of his personality become personal good in improving achievement based on faith and devotion as well as science and technology is beneficial. With the informant said that character education is very important for students to behave against himself and other people, because of the material that contains the values of honesty that was the template for learners to behave appropriate what is taught. By using methods that can be understood by students, so they can be quickly learned and done right.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEfforts of Islamic religious education teachers, Planting Character Honesty, Students. Upaya Guru PAI, Penanaman Karakter Kejujuran, Peserta Didiken_US
dc.titleUPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 264en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record