STRATEGI KREATIF PROGRAM SANDIWARA BAHASA JAWA DI STASIUN RADIO RETJO BUNTUNG 99.4 FM YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENDENGAR
Abstract
Radio sebagai medium komunikasi massa berbasis audio masih menjadi pilihan bagi masyarakat pendengar. Alat komunikasi ini, kini semakin banyak dihadang kompetitor. Namun keberadaannya masih memperoleh animo masyarakat di setiap masa dengan tetap menunjukkan citranya. Semodern apapun perkembangan komunikasi, pendengar radio selalu ada dari semua kalangan. Meskipun banyak orang berpikir bahwa radio kalah saing dengan televisi yang karakteristiknya menawarkan audio dan visual. Tetapi radio memiliki daya imajinatif sebagai unggulan yang dapat didengar sambil melakukan aktivitas lain, seperti: memasak, belajar, mengerjakan laporan, menyetir mobil, dan lain-lain. (Theatre of mind). Beda halnya dengan televisi (tv), selain mendengarkan audionya juga memaksa audiens harus melihat visualisasinya.