View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Economics Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Economics Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA EKOLOGIS (KWE) “PUSPA JAGAD” SEBAGAI DESTINASI EKOWISATA DI DESA SEMEN KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR

      Thumbnail
      View/Open
      HALAMAN JUDUL (678.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (1.387Mb)
      BAB I (372.4Kb)
      BAB II (363.4Kb)
      BAB III (370.9Kb)
      BAB IV (423.5Kb)
      BAB V (654.5Kb)
      BAB VI (196.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (2.269Mb)
      Date
      2016
      Author
      SAWINDRI, AJENG AYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dimiliki KWE “Puspa Jagad” serta menciptakan strategi terbaik dalam usaha pengembangan KWE “Puspa Jagad” sebagai destinasi ekowisata di Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan mengumpulkan data berupa data primer dan sekunder (data pedukung). Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan Focus Group Discussion. Sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT. Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan semua informasi mengenai faktor internal dan eksternal KWE “Puspa Jagad” dengan tekhnik observasi, wawancara, dan FGD. Kedua, memberikan skor pada masing-masing faktor internal dan eksternal dalam bentuk matrik IFAS dan EFAS berdasarkan pada skor FGD. Ketiga, membandingkan skor internal dan eksternal yang diperoleh dari matriks IFAS dan EFAS dalam bentuk diagram analisis SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan. Keempat, melakukan pengujian posisi perusahaan menggunakan metode yang berbeda untuk meyakinkan bahwa hasil dari metode sebelumnya tepat dengan menggunakan matrik I-E berdasarkan pada skor rata-rata IFAS dan EFAS. Kelima, menyusun strategi gabungan dari faktor internal dan eksternal dalam bentuk matriks SWOT. Keenam, memilih strategi terbaik berdasarkan pada perolehan posisi perusahaan dalam matrik I-E. Terdapat empat hasil akhir dari penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu: 1. faktor internal KWE “Puspa Jagad”, berupa kekuatan dan kelemahan yang dapat mendorong serta menghambat pengembangan kawasan wisata. 2. faktor eksternal KWE “Puspa Jagad”, berupa peluang dan ancaman yang dapat mendorong serta menghambat pengembangan kawasan wisata. 3. strategi terbaik yang dapat dijalankan KWE “Puspa Jagad” yaitu strategi SO (Strengths dan Opportunities). Adapun saran yang dapat diberikan yaitu: 1. para stakeholder harus lebih memahami tugas dan fungsinya masing-masing, baik itu pemerintah, pengelola ataupun masyarakat. 2. Hubungan baik antara pemerintah daerah, desa, pengelola, dan masyarakat dapat tejalin dengan lebih baik yang dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan seperti sosialisasi, diskusi, ataupun kegiatan lain yang santai namun tetap bermanfaat.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8773
      Collections
      • Department of Economics Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV