Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorMASRUROH, SITI NAFISATUL
dc.date.accessioned2017-01-24T03:33:16Z
dc.date.available2017-01-24T03:33:16Z
dc.date.issued2016-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8785
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran tahfidz al-Quran di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz al-Quran. Menganalisis pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran tahfidz al-Quran. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi ex post fakto menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 34 siswi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data Kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan tahapan reduksi, display. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context menunjukkan bahwa, dukungan dari sekolah terhadap program pembelajaran tahfidz al-Quran ini sudah baik, namun pada aspek kompetensi siswi, perlu diperhatikan lagi karena berkaitan dengan pencapaian target hafalan yang harus selesai diakhir semester. (2) Evaluasi input telah diketahui kemampuan awal siswi karena telah dilakukan placemen test baca al-Qur’an. Pada aspek peraturan yang mendukung sudah baik, hanya perlu lebih ditegaskan lagi bahwa program pembelajaran tahfidz merupakan salah satu syarat kenaikan kelas dan kelulusan. (3) Evaluasi process menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Pada aspek penggunaan metode pembelajaran dan media yang digunakan dirasa kurang efektif karena waktunya tidak mencukupi. (4) Evaluasi product menunjukkan bahwa sebanyak 47% siswi kelas XI belum mencapai target hafalannya diakhir semester sehingga harus mengikuti kelas remidi tahfidz. Oleh karena itu program pembelajaran tahfidz al-Quran untuk kelas XI Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta belum berhasil.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran tahfidz al-Quran di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz al-Quran. Menganalisis pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran tahfidz al-Quran. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi ex post fakto menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 34 siswi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data Kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan tahapan reduksi, display. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context menunjukkan bahwa, dukungan dari sekolah terhadap program pembelajaran tahfidz al-Quran ini sudah baik, namun pada aspek kompetensi siswi, perlu diperhatikan lagi karena berkaitan dengan pencapaian target hafalan yang harus selesai diakhir semester. (2) Evaluasi input telah diketahui kemampuan awal siswi karena telah dilakukan placemen test baca al-Qur’an. Pada aspek peraturan yang mendukung sudah baik, hanya perlu lebih ditegaskan lagi bahwa program pembelajaran tahfidz merupakan salah satu syarat kenaikan kelas dan kelulusan. (3) Evaluasi process menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Pada aspek penggunaan metode pembelajaran dan media yang digunakan dirasa kurang efektif karena waktunya tidak mencukupi. (4) Evaluasi product menunjukkan bahwa sebanyak 47% siswi kelas XI belum mencapai target hafalannya diakhir semester sehingga harus mengikuti kelas remidi tahfidz. Oleh karena itu program pembelajaran tahfidz al-Quran untuk kelas XI Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta belum berhasil.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEvaluasi Program dan Pembelajaran Tahfidz al-Quran.en_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 345en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record