dc.contributor.advisor | SANTOSA, DWI | |
dc.contributor.author | NGATILAH, NGATILAH | |
dc.date.accessioned | 2017-02-09T14:06:16Z | |
dc.date.available | 2017-02-09T14:06:16Z | |
dc.date.issued | 2013-04-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/9113 | |
dc.description | Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya seorang anak bisa mempunyai prestasi belajar PAI yang baik jika mendapatkan perhatian yang tinggi atau cukup dari orang tua. Sebab seorang anak dalam masa anak SD tentu membutuhkan figure terpecaya yang dapat membimbing, mengarahkan dan menjadi panutan. Di sinilah urgensi orang tua karena keberadaannya sebagai lingkungan pertama, utama dan yang paling dekat di kenal anak. Namun kenyataannya masih ada orang tua yang menyerahkan pendidikan anaknya secara bulat bulat kepada pihak sekolah atau bapak/ibu guru. Mereka mengaggap apabila anak-anaknya telah di sekolahkan maka tanggung jawa orang tua sebagai pendidik telah dilimpahkan kepada sekolah. Akibat dari kurangnya perhatian dari orang tua tersebut, perilaku anak-anak SD Negeri Pacarejo II kurang aktif di dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perhatian orang tua siswa siswi SD N Pacarejo II berada pada kategori tinggi dengan persentase 59,09%. | en_US |
dc.description.abstract | Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya seorang anak bisa mempunyai prestasi belajar PAI yang baik jika mendapatkan perhatian yang tinggi atau cukup dari orang tua. Sebab seorang anak dalam masa anak SD tentu membutuhkan figure terpecaya yang dapat membimbing, mengarahkan dan menjadi panutan. Di sinilah urgensi orang tua karena keberadaannya sebagai lingkungan pertama, utama dan yang paling dekat di kenal anak. Namun kenyataannya masih ada orang tua yang menyerahkan pendidikan anaknya secara bulat bulat kepada pihak sekolah atau bapak/ibu guru. Mereka mengaggap apabila anak-anaknya telah di sekolahkan maka tanggung jawa orang tua sebagai pendidik telah dilimpahkan kepada sekolah. Akibat dari kurangnya perhatian dari orang tua tersebut, perilaku anak-anak SD Negeri Pacarejo II kurang aktif di dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perhatian orang tua siswa siswi SD N Pacarejo II berada pada kategori tinggi dengan persentase 59,09%. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | en_US |
dc.subject | PRESTASI BELAJAR | en_US |
dc.subject | PERHATIAN ORANG TUA | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N PACAREJO II, PACAREJO, SEMANU, GUNUNGKIDUL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |