PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN JAMKESMAS DI KECAMATAN SEWON TAHUN 2012
Abstract
Pelayanan publik khususnya pelayanan kesheatan yang dilakukan pemerintah dalam hal ini puskesmas bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanana kesehatan yang layak. Karena dengan adanya jamkesmas dapat mengurangi biaya perawatan khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu. Kehadiran jamkesmas sangat membantu masyarakat dalam bidang kesehatan. Oleh sebab itu peneliti berusaha mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan jamkesmas dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat di Kecamatan Sewon Bantul terhadap pelayanan di Puskesmas Sewon 1 khususnya pelayanan Jamkesmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelayanan Jamkesmas di Sewon berada dalam kategori sangat baik sebesar 4,27 dan nilai yang mendapatkan nilai terendah mendapatkan nilai sebesar 3,50.