dc.contributor.advisor | PERMANA, IMAN | |
dc.contributor.author | ZATI, LATIFAH AMALIA | |
dc.date.accessioned | 2017-03-06T06:44:50Z | |
dc.date.available | 2017-03-06T06:44:50Z | |
dc.date.issued | 2016-11-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/9491 | |
dc.description | Kecemasan merupakan suatu sinyal yang memperingatkan seseorang akan adanya keadaan yang mengancam, sehingga memungkinkan seseorang waspada untuk mengambil tindakan. Salah satu hal yang seringkali memicu timbulnya kecemasan adalah Ujian Nasional yang menjadi penentu kelulusan seorang siswa. Kecemasan ini dapat muncul pada saat persiapan ujian maupun selama ujian, yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan ujian yang dihadapinya dan berakibat pada ketidaklulusan. Data dari Menteri Pendidikan mengatakan bahwa 2.335 orang siswa tidak lulus dalam Ujian Nasional tingkat SMP tahun 2014.
Tujuan Penelitian : Menganalisis adakah Pengaruh Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an Surat Ar-Rahman dan Terjemahnya terhadap tingkat kecemasan siswi kelas III MTs Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam menghadapi Ujian Nasional.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental dengan melakukan pre-test dan post-test dengan skala kecemasan TMAS (Taylor Manifest Anxiety Scale) pada 65 orang siswi Madrasah Mu’allimaat yang dibagi secara rundomize sampling menjadi 2 kelompok, 33 orang kelompok intervensi dan 32 orang kelompok kontrol. Intervensi berupa memperdengarkan bacaan Al-Qur’an surah Ar-Rahman sambil membaca terjemahannya diberikan pada kelompok intervensi selama 14 hari, sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberikan intervensi apapun.
Hasil dan Pembahasan : Dari penelitian yang dilakukan, diketahui adanya penurunan yang signifikan pada rata-rata tingkat kecemasan pre-test dan post-test kelompok intervensi dengan signifikansi 0,028 (>0,05). Hal sebaliknya terjadi pada kelompok kontrol, dimana terdapat peningkatan angka rata-rata kecemasan pre-test dibandingkan post-test dengan signifikansi 0,000 (<0,05).
Kesimpulan : Mendengarkan bacaan Al-Qur’an sambil membaca terjemahnya berpengaruh pada penurunan tingkat kecemasan siswi dalam menghadapi Ujian Nasional. | en_US |
dc.description.abstract | Anxiety is signal to someone which represents threat, that make someone cautious in choosing any movement. One of situation that can make someone, especially student, feeling anxiety is national exam. This anxiety feeling can appear when in preparation, and/or as the exam start, in impact someone can get difficultness when they are trying to solve national exam. Statistics from Ministry of Education show that 2.335 didn’t pass the junior high school national exam in 2014.
Aims : To analyze the effect of listening Al-Quran or murottal along with read the translation in bahasa in level of anxiouxity in 3rd grade junior high school students of Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta when they are prepared before national exam.
Methods : Experimental method in pre-test and post-test called TMAS (Taylor Manifest Anxiety Scale). This research implemented in 65 junior high school students MTs Mu’allimat Muhamadiyah Yogyakarta whose separate in two groups, 33 students for intervention group and 32 students for control group. In intervention group, students listened Al-Quran surah Ar-Rahman along with read meaning of verses for 14 days, while in control group not be given any intervention
Result : There is significant decreasing in average level of anxiety in pre-test and post-test intervention group with scale 0,028 (>0,05). While in control group it has significant increasing with value 0,000 (<0,05).
Conclusion : Listening to Al-Quran along with read meaning of verses has positive effect decreasing level of anxiety for junior high school students when facing national exam. | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | Kecemasan, Murottal, Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS), Ujian Nasional. Anxiety, Murottal, Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS), National Exam. xiii | en_US |
dc.title | PENGARUH MENDENGARKAN BACAAN AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN DAN TERJEMAHNYA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWI KELAS III MTs MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
459 | en_US |