Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUDI
dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.authorYAHYA, MHD
dc.date.accessioned2017-03-09T03:18:09Z
dc.date.available2017-03-09T03:18:09Z
dc.date.issued2016-12-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/9513
dc.descriptionBahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan pengunaan bahan bakar agar mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Ethanol adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, dan tak berwarna sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran dengan premium. Pengaturan timing pengapian dengan CDI racing diperlukan agar proses pembakaran dapat sempurna, dikarenakan nilai oktan ethanol lebih tinggi dari premium. Penggunaan ethanol diharapkan dapat memberikan efek baik terhadap kinerja motor bensin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar premium-ethanol 30% terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 cc dengan variasi timing pengapian. Penelitian ini menggunakan variasi campuran bahan bakar premium-ethanol 30% dengan variasi timing pengapian. Pengujian yang dilakukan meliputi torsi,daya dan konsumsi bahan bakar (𝑚𝑓̇), dengan menggunakan metode trottle spontan dari 3000-10000 RPM untuk pengujian torsi dan daya, pada pengujian konsumsi bahan bakar (𝑚𝑓̇) menggunakan metode trottleper RPM dari 3000-8000 RPM. Dari pengujian diperoleh torsi tertinggi dihasilkan CDI racing standar bahan bakar campuran premium etanol 30% sebesar 11,81 N.m pada 3857 RPM. Daya tertinggi sebesar 7.7 HP pada putaran 7750 RPM, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar (𝑚𝑓̇) pada penggunaan CDI standar lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan penggunaan CDI racing.en_US
dc.description.abstractBahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan pengunaan bahan bakar agar mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Ethanol adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, dan tak berwarna sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran dengan premium. Pengaturan timing pengapian dengan CDI racing diperlukan agar proses pembakaran dapat sempurna, dikarenakan nilai oktan ethanol lebih tinggi dari premium. Penggunaan ethanol diharapkan dapat memberikan efek baik terhadap kinerja motor bensin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar premium-ethanol 30% terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 cc dengan variasi timing pengapian. Penelitian ini menggunakan variasi campuran bahan bakar premium-ethanol 30% dengan variasi timing pengapian. Pengujian yang dilakukan meliputi torsi,daya dan konsumsi bahan bakar (𝑚𝑓̇), dengan menggunakan metode trottle spontan dari 3000-10000 RPM untuk pengujian torsi dan daya, pada pengujian konsumsi bahan bakar (𝑚𝑓̇) menggunakan metode trottleper RPM dari 3000-8000 RPM. Dari pengujian diperoleh torsi tertinggi dihasilkan CDI racing standar bahan bakar campuran premium etanol 30% sebesar 11,81 N.m pada 3857 RPM. Daya tertinggi sebesar 7.7 HP pada putaran 7750 RPM, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar (𝑚𝑓̇) pada penggunaan CDI standar lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan penggunaan CDI racing.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectCDI (Capacitor Discharge Ignition),timing pengapian, premium, ethanol, motor bakar 4 langkah.en_US
dc.titleKAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH KOMPONEN DAN SETTING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 113 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM – ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 30%en_US
dc.typeThesis SKR 451en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record