IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING KSPPS BMT BIF CABANG REJOWINANGUN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN SIARIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi bauran
pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS BMT BIF Cabang Rejowinangun dalam
meningkatkan jumlah nasabah tabungan SiArif dalam menghadapi persaingan
yang terjadi antar BMT. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif,
dimana peneliti melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung. Uji
keabsahan data berupa perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam
penelitian, diskusi dengan sejawat, member check dan triangulasi. Hasil dari
penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa KSPPS BMT BIF Cabang
Rejowinangun menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari 7P yaitu strategi
product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process saling
berkaitan dan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah tabungan SiArif