PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI SISWA PADA BIDANG STUDI IBADAH MUAMALAHKELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 PUNDONG TAHUN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi profesional guru, 2) prestasi siswa, 3)mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa bidang studi Ibadah Muamalah kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pundong.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik populasi populatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kompetensi profesional guru dalam mengajar berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 56%. 2) untuk hasil belajar siswa memiliki kategori tinggi dengan presentase sebesar 69%. 3) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dalam mengajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa pada bidang studi Ibadah Muamalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pundong. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai signifikansi 0,509 lebih besar dari 0,05. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa. Jika dipresentasikaan maka pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa hanya sebesar 0,06% dari 100%.