View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERSEPSI GURU PAI DAN PRAKTEK PENILAIAN SIKAP PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI KECAMATAN TURI DAN SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (13.70Kb)
      HALAMAN JUDUL (629.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (599.3Kb)
      ABSTRAK (99.92Kb)
      BAB I (242.4Kb)
      BAB III (122.9Kb)
      BAB IV (313.5Kb)
      BAB V (116.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (222.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (527.3Kb)
      LAMPIRAN (2.067Mb)
      Date
      2017-02-10
      Author
      WINARNI, ENDAH SRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui persepsi guru PAI tentang penilaian sikap yang dilakukan pada Kurikulum 2006 di SMPN kecamatan Turi dan Sleman. (2) mengetahui persepsi guru PAI tentang penilaian sikap yang dilakukan pada Kurikulum 2013 di SMPN kecamatan Turi dan Sleman. (3) mengetahui praktik pelaksanaan penilaian sikap yang dilakukan pada Kurikulum 2006 di SMPN kecamatan Turi dan Sleman. (4) mengetahui praktik pelaksanaan penilaian sikap yang dilakukan pada Kurikulum 2013 di SMPN kecamatan Turi dan Sleman. (5) membandingkan kelebihan dan kekurangan pada penilaian sikap yang dilakukan pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang ditulis di sini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun lokasi yang peneliti pilih adalah SMP Negeri wilayah Kecamatan Turi dan Kecamatan Sleman. Teknik pengumpulan data, ditulis menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Penilaian sikap dalam kurikulum 2006 melibatkan semua guru mata pelajaran untuk menilai sikap peserta didik tidak hanya terbatas oleh beberapa guru saja. (2) Praktik pelaksanaan penilaian sikap pada kurikulum 2006 mengedepankan observasi atau pengamatan pada sikap yang ditunjukan oleh peserta didik yang menggunakan beberapa metode yaitu observasi, lembar Istiqomah, jurnal kasus. (3) Penilaian sikap pada kurikulum 2013 lebih sistematis dan lebih obyektif karena metode yang digunakan pada penilaian sikap ini lebih menekankan kejadian-kejadian yang ada dilapangan baik pada saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran. (4) Praktik pelaksanaan penilaian sikap pada Kurikulum 2013 menggunakan beberapa metode yaitu observasi, jurnal, penilaian diri sendiri, penilaian antar teman.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10718
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV