PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SWALAYAN NARAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Swalayan Naraya. Subyek dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di swalayan Naraya. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 100 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji T, uji F, uji asumsi klasik dan koefisien diterminasi.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil yang pertama kualitas pelayanan, lokasi, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kedua, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi dari kualitas pelayanan yaitu 0,126, nilai koefisien regresi dari lokasi yaitu 0,183 dan koefisien regresi dari harga yaitu 0,257. Analisis kooefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,132 atau sama dengan 13,2% yang artinya kualitas pelayanan, lokasi, dan harga hanya mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 13,2% sedangkan sisanya 86,8% kemungkinan dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.