View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS PENGEMBANGAN LANDAS PACU DI BANDAR UDARA RADIN INTEN II LAMPUNG SELATAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (105.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (273.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (830.2Kb)
      ABSTRACT (159.7Kb)
      BAB I (165.4Kb)
      BAB II (119.7Kb)
      BAB III (463.6Kb)
      BAB IV (272.3Kb)
      BAB V (816.7Kb)
      BAB VI (88.54Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (95.87Kb)
      LAMPIRAN (1.377Mb)
      Date
      2017-05-23
      Author
      EDO LAKSMANA PUTRA, EDO LAKSMANA PUTRA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Bandar Udara Radin Inten II Lampung Selatan direncanakan untuk direnovasi dengan memperpanjang landasan pacu (runway), perluasan apron sampai bangunan terminalnya. Landasan pacu diperpanjang menjadi 3.000 m yang sebelumnya 2.500 m. Pembangunan tersebut dikarenakan Bandar Udara Radin Inten II akan menjadi embarkasi haji penuh pada tahun 2017 dan juga pergerakan aktifitas bandara yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, bandara tersebut harus dapat didarati pesawat jenis Airbus A330-200 dan A330-300 sesuai yang direncanakan oleh pengelola bandara. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perpanjangan landasan pacu, mengevaluasi kondisi eksisting Bandar Udara Radin Inten II, dan menganalisis apakah landasan pacu pada Bandar Udara Radin Inten II dapat mendaratkan pesawat jenis Airbus A330-200 dan A330-300 dengan kondisi eksisting Bandar udara saat ini menggunakan ketetapan dari ICAO (International Civil Aviation Organization) dan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara tahun 2003 sebagai pembanding. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan bandara khususnya perpanjangan landasan pacu adalah aktifitas penerbangan dari bandara itu sendiri. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bandar Udara Radin Inten II pergerakan pesawat, aktifitas penumpang, dan cargo (barang) menunjukkan kenaikan yang sangat tinggi di tiap tahunnya. Berdasarkan kondisi eksisting Bandar Udara Radin Inten II sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku baik untuk panjang, lebar, serta kelandaian landasan pacu dengan ketetapan yang berlaku. Hasil analisis juga dapat disimpulkan bahwa pesawat rencana jenis Airbus A330-200 dan A330-300 dengan landasan pacu 3.000 m pada Bandar Udara Radin Inten II dapat melayani pesawat jenis Airbus A330-200 dengan dibutuhkannya panjang landasan pacu 2.753 m untuk pesawat jenis tersebut, sedangkan untuk pesawat jenis A330-300 tidak dapat dilayani karena dibutuhkan panjang landasan pacu 3.100 m agar pesawat jenis tersebut dapat take off dan landing dengan aman.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10783
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV