View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGUKURAN ANGKUTAN SEDIMEN DASAR PADA ALIRAN SUNGAI PROGO MENGGUNAKAN ALAT HELLEY SMITH

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (88.36Kb)
      HALAMAN JUDUL (294.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (189.2Kb)
      ABSTRACT (83.92Kb)
      BAB I (299.4Kb)
      BAB II (170.3Kb)
      BAB III (520.8Kb)
      BAB IV (1.200Mb)
      BAB V (418.7Kb)
      BAB VI (86.42Kb)
      Date
      2017-05-26
      Author
      WIDIYARTO, DANY KURNIAWAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sungai Progo adalah sungai yang mengalir di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Sungai ini bersumber dari lereng Gunung Sumbing. Sungai Progo merupakan salah satu sungai yang mempunyai pasokan sedimen berupa pasir yang melimpah, Sedimen dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian. Sedimen berupa pasir dapat digunakan untuk bahan material pembangunan. Jika pasokan sedimennya tidak seimbang maka akan menimbulkan bencana degradasi dan agradasi sungai yang dapat menngerus jembatan dan tebing-tebing di sepanjang bantaran sungai khususnya Sungai Progo. Dalam analisis angkutan sedimen ini menggunakan metode pengujian lapangan langsung dengan alat Helley Smith (WMO,1980). Penelitian ini meninjau dua titik tinjau yaitu, Sungai Progo pada Jembatan Kebon Agung I dan di Jembatan Bantar pada bulan Maret (Musim Penghujan). Metode pengujiannya dilaksanakan pada hulu jembatan, lama pengujian yaitu 120 menit untuk setiap penampang sungai dilakukan tiga kali pengambilan data, yaitu 1/4 , 1/2 , 3/4 dari lebar sungai. Jenis sedimen untuk kedua titik tinjau adalah Sandy Silt, dengan nilai 2,6738 dan 2,6954. Nilai angkutan sedimen yaitu Jembatan Bantar dengan debit 158,727 m3/detik 27,681 ton/hari, debit 99,647 m3/detik 17,314 ton/hari dan debit 110,115 m3/detik 23,821 ton/hari Sedangkan pada Jembatan Kebon Agung I dengan debit 121,018 m3/detik 22,548 ton/hari, debit 145,446 m3/detik 66,506 ton/hari dan debit 213,281 m3/detik 153,760 ton/hari. Hubungan antara debit dengan kandungan sedimen dasar untuk titik tinjau Bantar atau Kebon Agung I saling berkaitan secara linier atau eksponensial nilainya adalah 0,87 dan 0,997. Apabila nilai Debit naik maka nilai angkutan sedimenpun naik. Nilai ini disebut korelasi positif.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10797
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV