PENGEMBANGAN ALAT UKUR UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI PRESEPTOR DI RUMAH SAKIT WAHANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PROFESI NERS
Abstract
Latar Belakang
Preseptor yang kompeten merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan
pembelajaran klinik. Belum adanya alat ukur kompetensi preseptor di
Indonesia mengakibatkan proses bimbingan klinik preseptor bervariasi.
Tujuan penelitian ini mengembangkan kuesioner kompetensi preseptor yang
valid dan reliable di wahana pembelajaran pendidikan ners.
Metode
Penelitian ini menggunakan desain research and development dengan 5
tahapan, tahap 1 yaitu mengidentifikasi kompetensi preseptor berdasarkan
buku dan jurnal, tahap 2 uji validitas isi pada 4 orang ahli dan dilanjutkan
dengan menghitung menggunakan analisis Aiken’V. Tahap 3 dilakukan uji
coba tahap 1 dilakukan uji validitas, Responden yang terlibat pada uji coba
tahap 1 adalah 51 responden. Tahap 4 melaksanakan uji coba tahap 2, uji
coba tahap 2 dilaksanakan pada 66 responden. Uji validitas dan reliabilitas
yang digunakan pada uji coba adalah pearson product moment, exploratory
factorial analysis, dan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach, tahap
terakhir adalah desiminasi hasil penelitian.
Hasil
Studi literatur dari 12 jurnal dan 5 buku terkait kompetensi preseptor,
ditemukan 8 domain kompetensi preseptor keperawatan yaitu pengetahuan,
kompetensi klinis, keterampilan mengajar, hubungan interprofesional dan
komunikasi, karakteristik personal, kepemimpinan, perilaku profesional dan
etika, kemudahan untuk konsultasi. Kuesioner dikembangkan berdasarkan
literatur dengan 8 domain dijabarkan 39 pernyataan, uji validitas isi pada 4
orang ahli dan dikembangkan menjadi 8 domain 52 pernyataan, uji coba
tahap 1 didapatkan 8 domain 48 pernyataan, uji coba tahap 2 didapatkan 8
domain 40 pernyataan valid dan reliabel.
Kesimpulan
Penelitian ini mendapatkan kuesioner kompetensi preseptor bersifat self
assessment yang valid dan reliabel yang dijabarkan ke dalam 40 pernyataan.