Show simple item record

dc.contributor.advisorSURYANTO, SURYANTO
dc.contributor.advisorAFANDI, MOH
dc.contributor.authorASRIYADI, FITROH
dc.date.accessioned2017-06-13T03:00:39Z
dc.date.available2017-06-13T03:00:39Z
dc.date.issued2017-04-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10897
dc.description.abstractLatar Belakang Preseptor yang kompeten merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan pembelajaran klinik. Belum adanya alat ukur kompetensi preseptor di Indonesia mengakibatkan proses bimbingan klinik preseptor bervariasi. Tujuan penelitian ini mengembangkan kuesioner kompetensi preseptor yang valid dan reliable di wahana pembelajaran pendidikan ners. Metode Penelitian ini menggunakan desain research and development dengan 5 tahapan, tahap 1 yaitu mengidentifikasi kompetensi preseptor berdasarkan buku dan jurnal, tahap 2 uji validitas isi pada 4 orang ahli dan dilanjutkan dengan menghitung menggunakan analisis Aiken’V. Tahap 3 dilakukan uji coba tahap 1 dilakukan uji validitas, Responden yang terlibat pada uji coba tahap 1 adalah 51 responden. Tahap 4 melaksanakan uji coba tahap 2, uji coba tahap 2 dilaksanakan pada 66 responden. Uji validitas dan reliabilitas yang digunakan pada uji coba adalah pearson product moment, exploratory factorial analysis, dan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach, tahap terakhir adalah desiminasi hasil penelitian. Hasil Studi literatur dari 12 jurnal dan 5 buku terkait kompetensi preseptor, ditemukan 8 domain kompetensi preseptor keperawatan yaitu pengetahuan, kompetensi klinis, keterampilan mengajar, hubungan interprofesional dan komunikasi, karakteristik personal, kepemimpinan, perilaku profesional dan etika, kemudahan untuk konsultasi. Kuesioner dikembangkan berdasarkan literatur dengan 8 domain dijabarkan 39 pernyataan, uji validitas isi pada 4 orang ahli dan dikembangkan menjadi 8 domain 52 pernyataan, uji coba tahap 1 didapatkan 8 domain 48 pernyataan, uji coba tahap 2 didapatkan 8 domain 40 pernyataan valid dan reliabel. Kesimpulan Penelitian ini mendapatkan kuesioner kompetensi preseptor bersifat self assessment yang valid dan reliabel yang dijabarkan ke dalam 40 pernyataan.en_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN ALAT UKURen_US
dc.subjectKOMPETENSI PRESEPTORen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KLINIK KEPERAWATANen_US
dc.subjectR&Den_US
dc.titlePENGEMBANGAN ALAT UKUR UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI PRESEPTOR DI RUMAH SAKIT WAHANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PROFESI NERSen_US
dc.typeThesis MKEP 68 2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record