AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS HARDCORE GYM YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN CUSTOMER RELATIONS ACTIVITY OF HARDCORE GYM YOGYAKARTA TO INCREASE CUSTOMER SATISFACTION
Abstract
Penelitian ini meneliti mengenai Aktivitas Customer Relations Hardcore Gym Yogyakarta. Semakin bertumbunya usaha fitness center kemudian membuka persaningan yang cukup ketat. Tidak terkecuali di Yogyakarta, para pengusaha tempat fitness center berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik agar mereka dapat bersaing satu sama lain. Tidak terkecuali dengan Hardcore Gym sebagai tempat fitnes baru di Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Owner dan staf karyawan Hardcore Gym. Pemilihan informan menggunakan metode purpossive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data interaktif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam (deep interview) dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa evaluasi terhadap proses pembuatan customer relations yang diterapkan oleh Hardcore Gym. Strategi customer relations belum disusun berdasarkan teori yang dibahas oleh Scott M. Cutlip & Allen H. Center mengenai metode pembuatan strategi. Namun, beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Hardcore Gym seperti event binaraga mampu untuk mendukung kekurangan dari strategi yang mereka terapkan.
Kata Kunci : Aktivitas, Customer Relations, dan Fitness Center.
xv