View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISA NILAI SISA KAPASITAS BALOK PRATEGANG TIPE-I JEMBATAN PULES DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATING FACTOR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (22.94Kb)
      HALAMAN JUDUL (346.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (507.4Kb)
      ABSTRACT (342.0Kb)
      BAB I (257.5Kb)
      BAB II (297.4Kb)
      BAB III (1.019Mb)
      BAB IV (529.8Kb)
      BAB V (1.327Mb)
      BAB VI (254.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (143.9Kb)
      NASKAH SEMINAR (1.263Mb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      ARIFAI, ALFI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Jembatan merupakan prasarana transportasi yang vital terhadap sistem transportasi, jika jembatan ini mengalami kegagalan maka akan lumpuhlah sistem tersebut. Pada awalnya, Jembatan Pules berupa jembatan gorong-gorong biasa yang mengalami kerusakan pada 22 April 2015. Kemudian konstruksi jembatan ini diganti dengan balok prategang tipe-I. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sisa kapasitas jembatan eksisting sehingga dapat dinilai bahwa jembatan tersebut layak digunakan atau tidak. Penelitian ini dilakukan pada gelagar balok prategang tipe-I jembatan dan metode yang digunakan adalah Metode Rating Factor yang mengacu pada draft Pedoman Penentuan Nilai Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga (024/BM/2011). Analisis dilakukan pada kondisi inventory dan operating. Penentuan pembebanan mengacu pada Standar Pembebanan untuk Jembatan (RSNI T-02-2005), sedangkan analisis tampang jembatan menggunakan Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan (RSNI T-12-2004). Dari hasil analisis diperoleh RF berdasarkan inventory antara lain, RF akibat momen sebesar 0,634 < 1 (tidak aman) dan RF akibat gaya geser sebesar 1,147 > 1 (aman). RF berdasarkan operating antara lain, RF akibat momen sebesar 1,14 > 1 (aman) dan RF akibat gaya geser sebesar 1,198 > 1 (aman). Kemudian lendutan yang terjadi setelah kombinasi ialah 0,03899 m. Kesimpulan yang dapat diambil adalah nilai RF pada kondisi inventory akibat momen dinyatakan tidak aman, sedangkan kondisi inventory akibat gaya geser dinyatakan aman. Kemudian nilai RF pada kondisi operating akibat momen maupun gaya geser dinyatakan aman. Pada analisis lendutan yang terjadi pada balok prategang dinyatakan bahwa lebih kecil daripada lendutan ijin sebesar 0,0667 m.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10954
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV