dc.contributor.advisor | BAGUS SOEBANDONO | |
dc.contributor.advisor | MUHAMMAD IBNU SYAMSI | |
dc.contributor.author | ARIFAI, ALFI | |
dc.date.accessioned | 2017-06-14T02:12:13Z | |
dc.date.available | 2017-06-14T02:12:13Z | |
dc.date.issued | 2017-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10954 | |
dc.description.abstract | Jembatan merupakan prasarana transportasi yang vital terhadap sistem transportasi, jika jembatan ini mengalami kegagalan maka akan lumpuhlah sistem tersebut. Pada awalnya, Jembatan Pules berupa jembatan gorong-gorong biasa yang mengalami kerusakan pada 22 April 2015. Kemudian konstruksi jembatan ini diganti dengan balok prategang tipe-I. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sisa kapasitas jembatan eksisting sehingga dapat dinilai bahwa jembatan tersebut layak digunakan atau tidak.
Penelitian ini dilakukan pada gelagar balok prategang tipe-I jembatan dan metode yang digunakan adalah Metode Rating Factor yang mengacu pada draft Pedoman Penentuan Nilai Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga (024/BM/2011). Analisis dilakukan pada kondisi inventory dan operating. Penentuan pembebanan mengacu pada Standar Pembebanan untuk Jembatan (RSNI T-02-2005), sedangkan analisis tampang jembatan menggunakan Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan (RSNI T-12-2004).
Dari hasil analisis diperoleh RF berdasarkan inventory antara lain, RF akibat momen sebesar 0,634 < 1 (tidak aman) dan RF akibat gaya geser sebesar 1,147 > 1 (aman). RF berdasarkan operating antara lain, RF akibat momen sebesar 1,14 > 1 (aman) dan RF akibat gaya geser sebesar 1,198 > 1 (aman). Kemudian lendutan yang terjadi setelah kombinasi ialah 0,03899 m. Kesimpulan yang dapat diambil adalah nilai RF pada kondisi inventory akibat momen dinyatakan tidak aman, sedangkan kondisi inventory akibat gaya geser dinyatakan aman. Kemudian nilai RF pada kondisi operating akibat momen maupun gaya geser dinyatakan aman. Pada analisis lendutan yang terjadi pada balok prategang dinyatakan bahwa lebih kecil daripada lendutan ijin sebesar 0,0667 m. | en_US |
dc.description.sponsorship | Jembatan merupakan prasarana transportasi yang vital terhadap sistem transportasi, jika jembatan ini mengalami kegagalan maka akan lumpuhlah sistem tersebut. Pada awalnya, Jembatan Pules berupa jembatan gorong-gorong biasa yang mengalami kerusakan pada 22 April 2015. Kemudian konstruksi jembatan ini diganti dengan balok prategang tipe-I. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sisa kapasitas jembatan eksisting sehingga dapat dinilai bahwa jembatan tersebut layak digunakan atau tidak.
Penelitian ini dilakukan pada gelagar balok prategang tipe-I jembatan dan metode yang digunakan adalah Metode Rating Factor yang mengacu pada draft Pedoman Penentuan Nilai Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga (024/BM/2011). Analisis dilakukan pada kondisi inventory dan operating. Penentuan pembebanan mengacu pada Standar Pembebanan untuk Jembatan (RSNI T-02-2005), sedangkan analisis tampang jembatan menggunakan Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan (RSNI T-12-2004).
Dari hasil analisis diperoleh RF berdasarkan inventory antara lain, RF akibat momen sebesar 0,634 < 1 (tidak aman) dan RF akibat gaya geser sebesar 1,147 > 1 (aman). RF berdasarkan operating antara lain, RF akibat momen sebesar 1,14 > 1 (aman) dan RF akibat gaya geser sebesar 1,198 > 1 (aman). Kemudian lendutan yang terjadi setelah kombinasi ialah 0,03899 m. Kesimpulan yang dapat diambil adalah nilai RF pada kondisi inventory akibat momen dinyatakan tidak aman, sedangkan kondisi inventory akibat gaya geser dinyatakan aman. Kemudian nilai RF pada kondisi operating akibat momen maupun gaya geser dinyatakan aman. Pada analisis lendutan yang terjadi pada balok prategang dinyatakan bahwa lebih kecil daripada lendutan ijin sebesar 0,0667 m. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | BALOK PRATEGANG TIPE-I | en_US |
dc.subject | NILAI SISA KAPASITAS JEMBATAN | en_US |
dc.subject | RATING FACTOR | en_US |
dc.title | ANALISA NILAI SISA KAPASITAS BALOK PRATEGANG TIPE-I JEMBATAN PULES DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATING FACTOR | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
058 | en_US |