View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KUALITATIF PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER DI UJI KOMPETENSI NERS INDONESIA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (72.78Kb)
      BAB I (203.8Kb)
      BAB II (519.3Kb)
      BAB III (124.2Kb)
      BAB IV (390.3Kb)
      BAB V (93.79Kb)
      COVER (318.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (184.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (164.0Kb)
      LAMPIRAN (2.758Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (271.0Kb)
      Date
      2016-05-16
      Author
      KHOLIFAH, SITI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang: Rendahnya persentase kelulusan ners dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) selayaknya evaluasi institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kualitatif pencapaian kompetensi lulusan Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember di UKNI. Metode: Metode penelitian menggunakan disain kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang cara pengumpulan datanya melalui focus group discussion selama 90 menit dengan melibatkan 6 orang lulusan ners yang tidak lulus di UKNI. Cara pengumpulan data kedua yaitu melalui wawancara tidak terstruktur dengan melibatkan 4 informan, yaitu 1 orang koordinator UKNI dan 3 orang dosen, sedangkan cara yang ketiga yaitu analisis dokumen lampiran UKNI, dokumen soal dan rencana pembelajaran. Seluruh data yang diperoleh dianalisis dengan constant comparative method. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan jangka pendek dalam menghadapi UKNI kurang optimal sehingga mempengaruhi proses pelaksanaan dan hasil UKNI. Evaluasi hasil UKNI menunjukkan bahwa lulusan ners yang tidak lulus UKNI mengalami stress ringan, sedangkan selama ini institusi pendidikan tidak melakukan feed back terhadap hasil UKNI. Terdapat hambatan eksternal dan internal yang dialami oleh lulusan ners pada tahap persiapan dan pelaksanaan UKNI, sedangkan peran institusi pada tahap tersebut belum optimal. Rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh institusi pendidikan yaitu sosialisasi blueprint UKNI, mentoring soal UKNI, dan pembentukan IBA dan try out internal sebagai upaya untuk mencapai target 100 % lulusan ners lulus di UKNI. Kesimpulan: Adanya faktor persiapan menghadapi UKNI, proses pelaksanaan UKNI, evaluasi hasil UKNI, hambatan dalam menghadapi UKNI, peran institusi dalam menghadapi UKNI serta rencana tindak lanjut institusi mempengaruhi pencapaian kompetensi lulusan ners dalam UKNI.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10964
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV