PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penilitian yang menganalisis penggunaan instagram sebagai media komunikasi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan oleh Adorable Projects. Saat ini pengkomunikasian informasi secara online juga sudah mengubah sistem pemasaran konvensional. Komunikasi pemasaran melalui media online dapat dilakukan dengan efektif dan efisien oleh Adorable Projects. Pemasaran dengan menggunakan media internet khususnya instagram, produk dapat dijual secara lebih luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal atau pajak tempat. Konsumen juga akan lebih mudah untuk mencari informasi mengenai produk yang diinginkan. Hal inilah yang mendorong maraknya bermunculan online shop, salah satunya yaitu Adorable Projects.
Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui penggunaan instagram sebagai media komunikasi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan oleh Adorable Projects. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan studi deskriptif pada objek penilitian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Untuk langkah-langkah yang digunakan dalam teknis analisa data adalah pengumpulan data, reduksi data, analisis data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data.
Hasil penilitian ini untuk menunjukan bahwa penggunaan konten-konten yang ada di instagram belum sepenuhnya digunakan oleh Adorable Projects sebagai online shop yang menggunakan instagram. Hal ini dikarenakan Adorable Projects berasumsi bahwa mereka memiliki fotografer dengan menggunakan kamera professional sehingga tidak perlu untuk menggunakan konten-konten mengedit foto yang ada pada instagram