View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Islamic Studies
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS METODE ASOSIASI DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN KASIHAN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (10.15Kb)
      BAB I (465.7Kb)
      BAB II (330.0Kb)
      BAB III (170.8Kb)
      BAB IV (349.4Kb)
      BAB V (84.53Kb)
      COVER (97.16Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (155.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (347.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (454.5Kb)
      LAMPIRAN (670.8Kb)
      Date
      2017-07-27
      Author
      MURDIYATI, DARTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan anak PAUD Aisyiyah Kasihan usia 3-4 tahun dalam mengenal huruf hijaiyah . (2) Mengetahui efektivitas penggunaan metode Asosiasi dalam peningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia dini di kecamatan Kasihan . Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperiment.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (1) Tahap analisis data hasil pretest, (2) Tahap analisis terhadap skor/kemampuan mengingat abjad pada setiap sesi pembelajaran untuk mengetahui perubahan signifikan penguasaan ingatan terhadap abjad hijaiyah, (3) Tahap analisis uji beda antara rataan hasil pembelajaran antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, (4) Tahap analisis interpretasi dan konfirmasi hasil tes uji beda dengan melakukan analisis komparasi antar kelompok pada masing-masing sesi pembelajaran, (5) Tahap penarikan kesimpulan akhir. Pada tahap ini dilakukan penarikan kesimpulan penetilian berdasarkan analisis data primer berupa skor hasil belajar (penguasaan ingatan abjad hijaiyah) maupun data sekunder hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan anak usia 3-4 tahun di PAUD Aisyiyah Kasihan dalam mengenal/ menghafal huruf hijaiyah sebelum menggunakan metode Asosiasi, rata-rata mengenal 3 huruf hijaiyah, hanya satu anak yang hafal 12 huruf. (2) Penggunaan metode Asosiasi dalam pengenalan huruf hijaiyah yang diuji cobakan dalam penelitian ini terbukti efektif . Efektifitas tersebut dibuktikan dengan terdapatnya perbedaan yang signifikan pada skor pengenalan huruf antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen setelah dalam pembelajarannya menggunakan metode Asosiasi, Seluruh anggota kelompok (100%) mampu tambah mengenal huruf lebih dari 10, bahkan rata-rata siswa mampu menambah sebanyak 12 huruf. Sementara untuk kelompok kontrol, rata-rata hanya mampu menambah pengenalan huruf sebanyak tujuh huruf (3) Penelitian ini juga menemukan kesimpulan lain bahwa peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di samping sangat dipengaruhi oleh faktor metode pembelajaran yang harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak namun juga turut dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan masingmasing anak dan faktor stimulasi dari lingkungan keluarga.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11205
      Collections
      • Master of Islamic Studies

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV