Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHARJO, ARIF BUDI
dc.contributor.advisorSYAMSUDIN, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorMURDIYATI, DARTI
dc.date.accessioned2017-06-19T06:02:08Z
dc.date.available2017-06-19T06:02:08Z
dc.date.issued2017-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11205
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan anak PAUD Aisyiyah Kasihan usia 3-4 tahun dalam mengenal huruf hijaiyah . (2) Mengetahui efektivitas penggunaan metode Asosiasi dalam peningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia dini di kecamatan Kasihan . Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperiment.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (1) Tahap analisis data hasil pretest, (2) Tahap analisis terhadap skor/kemampuan mengingat abjad pada setiap sesi pembelajaran untuk mengetahui perubahan signifikan penguasaan ingatan terhadap abjad hijaiyah, (3) Tahap analisis uji beda antara rataan hasil pembelajaran antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, (4) Tahap analisis interpretasi dan konfirmasi hasil tes uji beda dengan melakukan analisis komparasi antar kelompok pada masing-masing sesi pembelajaran, (5) Tahap penarikan kesimpulan akhir. Pada tahap ini dilakukan penarikan kesimpulan penetilian berdasarkan analisis data primer berupa skor hasil belajar (penguasaan ingatan abjad hijaiyah) maupun data sekunder hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan anak usia 3-4 tahun di PAUD Aisyiyah Kasihan dalam mengenal/ menghafal huruf hijaiyah sebelum menggunakan metode Asosiasi, rata-rata mengenal 3 huruf hijaiyah, hanya satu anak yang hafal 12 huruf. (2) Penggunaan metode Asosiasi dalam pengenalan huruf hijaiyah yang diuji cobakan dalam penelitian ini terbukti efektif . Efektifitas tersebut dibuktikan dengan terdapatnya perbedaan yang signifikan pada skor pengenalan huruf antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen setelah dalam pembelajarannya menggunakan metode Asosiasi, Seluruh anggota kelompok (100%) mampu tambah mengenal huruf lebih dari 10, bahkan rata-rata siswa mampu menambah sebanyak 12 huruf. Sementara untuk kelompok kontrol, rata-rata hanya mampu menambah pengenalan huruf sebanyak tujuh huruf (3) Penelitian ini juga menemukan kesimpulan lain bahwa peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di samping sangat dipengaruhi oleh faktor metode pembelajaran yang harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak namun juga turut dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan masingmasing anak dan faktor stimulasi dari lingkungan keluarga.en_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectANAK USIA DINIen_US
dc.subjectPENGENALAN HURUFen_US
dc.subjectMETODE ASOSIASIen_US
dc.titleEFEKTIVITAS METODE ASOSIASI DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN KASIHANen_US
dc.typeThesis MSI 2 2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record