View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETAATAN BERIBADAH SISWA SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (26.30Kb)
      HALAMAN JUDUL (463.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (4.654Mb)
      ABSTRACT (93.18Kb)
      BAB I (178.3Kb)
      BAB II (315.6Kb)
      BAB III (482.2Kb)
      BAB IV (946.5Kb)
      BAB V (99.24Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (192.3Kb)
      LAMPIRAN (958.6Kb)
      LAMPIRAN (5.001Mb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      PURNAWATI, MUSTIKA NUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan agama Islam dalam keluarga, pergaulan teman sebaya, ketaatan beribadah siswa SMP Muhammdiyah Kasihan. Selanjutnya menganalisis pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap ketaatan beribadah siswa, pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap ketaatan beribadah siswa, serta pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap ketaatan beribadah siswa SMP Muhammdiyah Kasihan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional, dengan pengambilan sampel sebanyak 72 siswa dari populasi berjumlah 353 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner atau angket model skala likert. Untuk uji validitas menggunakan korelasi Product Momen dari Pearson dengan rumus r hitung > r tabel. Data dianalisis secara deskriptif, uji asumsi klasik, regresi sederhana serta regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga berada dalam kategori baik sebesar 43%. Untuk pergaulan teman sebaya berada pada kategori baik yaitu sebesar 54%. Sedangkan ketaatan beribadah siswa juga berada pada kategori taat sebesar 57%. Selanjutnya dari hasil uji hipotetis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,000 dari pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap ketaatan beribadah siswa. Pergaulan teman sebaya juga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,004 terhadap ketaatan beribadah siswa. Pendidikan agama Islam dalam keluarga dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama juga memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 terhadap ketaatan beribadah siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11274
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV