View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH VARIASI TIMING INJECTION DAN TIMING PENGAPIAN DENGAN MENGGUNAKAN ECU BRT JUKEN 3 TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC BAHAN BAKAR PERTAMAX

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.14Kb)
      HALAMAN JUDUL (205.0Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (95.42Kb)
      ABSTRAK (84.92Kb)
      BAB I (426.6Kb)
      BAB II (1.631Mb)
      BAB III (1.172Mb)
      BAB IV (665.5Kb)
      BAB V (408.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (465.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (294.0Kb)
      LAMPIRAN (1.010Mb)
      Date
      2017-04-29
      Author
      SOLIKIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah variasi ECU (Engine Control Unit) pada sepeda motor injeksi. ECU (Engine Control Unit) berfungsi menerima dan menghitung seluruh informasi/data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Informasi yang diperoleh dari sensor antara lain berupa informasi suhu udara, suhu oli mesin, suhu air pendingin, tekanan atau jumlah udara masuk, posisi katup throttle/katup gas, putaran mesin posisi poros engkol, dan informasi yang lainnya. Dengan adanya variasi ECU di pasaran dipercaya dapat meningkatkan performa dan juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar) dengan variasi ECU Standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband pada motor Honda Beat 110Cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan ECU standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada motor Honda Beat 110Cc. Setelah dilakukan penggantian ECU (Engine Control Unit) diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor matik Honda Beat 110Cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada rpm 4000 setelah stabil pada 4000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Dari pengujian kinerja mesin, dapat disimpulkan bahwa daya terbesar diperoleh dengan menggunakan ECU BRT (Performa) dengan daya sebesar 8,0 HP pada putaran mesin 6713 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga oleh ECU BRT 9,06 (Performa) sebesar 11,39 Nm pada putaran mesin 4382 rpm. Dari pengujian konsumsi bahan bakar, dapat disimpulkan bahwa konsumsi bahan bakar yang paling irit dengan menggunakan ECU BRT Map (Efisiensi). Efisiensi bahan bakar naik sebesar 33% dibanding menggunakan ECU Standar dari pabrikan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11314
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV