Show simple item record

dc.contributor.authorSOLIKIN
dc.date.accessioned2017-07-04T06:19:44Z
dc.date.available2017-07-04T06:19:44Z
dc.date.issued2017-04-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11314
dc.descriptionPerkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah variasi ECU (Engine Control Unit) pada sepeda motor injeksi. ECU (Engine Control Unit) berfungsi menerima dan menghitung seluruh informasi/data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Informasi yang diperoleh dari sensor antara lain berupa informasi suhu udara, suhu oli mesin, suhu air pendingin, tekanan atau jumlah udara masuk, posisi katup throttle/katup gas, putaran mesin posisi poros engkol, dan informasi yang lainnya. Dengan adanya variasi ECU di pasaran dipercaya dapat meningkatkan performa dan juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar) dengan variasi ECU Standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband pada motor Honda Beat 110Cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan ECU standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada motor Honda Beat 110Cc. Setelah dilakukan penggantian ECU (Engine Control Unit) diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor matik Honda Beat 110Cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada rpm 4000 setelah stabil pada 4000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Dari pengujian kinerja mesin, dapat disimpulkan bahwa daya terbesar diperoleh dengan menggunakan ECU BRT (Performa) dengan daya sebesar 8,0 HP pada putaran mesin 6713 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga oleh ECU BRT 9,06 (Performa) sebesar 11,39 Nm pada putaran mesin 4382 rpm. Dari pengujian konsumsi bahan bakar, dapat disimpulkan bahwa konsumsi bahan bakar yang paling irit dengan menggunakan ECU BRT Map (Efisiensi). Efisiensi bahan bakar naik sebesar 33% dibanding menggunakan ECU Standar dari pabrikan.en_US
dc.description.abstractPerkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah variasi ECU (Engine Control Unit) pada sepeda motor injeksi. ECU (Engine Control Unit) berfungsi menerima dan menghitung seluruh informasi/data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Informasi yang diperoleh dari sensor antara lain berupa informasi suhu udara, suhu oli mesin, suhu air pendingin, tekanan atau jumlah udara masuk, posisi katup throttle/katup gas, putaran mesin posisi poros engkol, dan informasi yang lainnya. Dengan adanya variasi ECU di pasaran dipercaya dapat meningkatkan performa dan juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar) dengan variasi ECU Standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband pada motor Honda Beat 110Cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan ECU standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada motor Honda Beat 110Cc. Setelah dilakukan penggantian ECU (Engine Control Unit) diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor matik Honda Beat 110Cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada rpm 4000 setelah stabil pada 4000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Dari pengujian kinerja mesin, dapat disimpulkan bahwa daya terbesar diperoleh dengan menggunakan ECU BRT (Performa) dengan daya sebesar 8,0 HP pada putaran mesin 6713 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga oleh ECU BRT 9,06 (Performa) sebesar 11,39 Nm pada putaran mesin 4382 rpm. Dari pengujian konsumsi bahan bakar, dapat disimpulkan bahwa konsumsi bahan bakar yang paling irit dengan menggunakan ECU BRT Map (Efisiensi). Efisiensi bahan bakar naik sebesar 33% dibanding menggunakan ECU Standar dari pabrikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectInjeksi, ECU, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakaren_US
dc.titlePENGARUH VARIASI TIMING INJECTION DAN TIMING PENGAPIAN DENGAN MENGGUNAKAN ECU BRT JUKEN 3 TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC BAHAN BAKAR PERTAMAXen_US
dc.typeThesis SKR F T 456en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record