View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI KOMUNIKASI DALAM DAKWAH EMHA AINUN NADJIB

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (139.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (256.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (541.5Kb)
      ABSTRACT (86.43Kb)
      BAB I (269.6Kb)
      BAB II (618.8Kb)
      BAB III (187.9Kb)
      BAB IV (656.1Kb)
      BAB V (89.90Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (286.0Kb)
      LAMPIRAN (192.3Kb)
      Date
      2017-04-28
      Author
      PRAWITO S., ADJIE
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Komunikasi adalah alat yang digunakan manusia dalam melakukan sosialisasi. Dalam sosialasi selalu ada proses komunikasi dan penyampaian pesan-pesan kepada komunikan. Begitu juga dengan dakwah islam yang tak bisa dipisahkan dari komunikasi, karena sejatinya dakwah islam adalah proses penyampaian pesan agama Islam kepada manusia. Penyampaian pesan dalam sebuah komunikasi tentu memiliki hambatan. Untuk itu perlu adanya perencanaan strategi komunikasi dalam rangka meminimalisir hambatan komunikasi dan menjadikan komunikasi lebih efektif. Komunikasi dakwah yang dilakukan Emha Ainun Nadjib selalu menarik perhatian khalayak. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik mengamati bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif-deskriptif dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik komunikasi dalam komunikasi dakwah Emha Ainun Nadjib adalah komunikasi kelompok besar, dengan menggunakan model komunikasi Aristoteles dan fungsi komunikasi instrumental. Strategi komunikasi yang digunakan Emha Ainun Nadjib dalam komunikasi dakwahnya adalah membangun kekuatan komunikator, membangun kepekaan komunikator, pemuatan pesan yang bersifat universal, menggunakan prinsip komunikasi egaliter dan pemilihan media.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11338
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV