ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MUSYARAKAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BAITUL MAAL WAL TANWIL (BMT)
Abstract
Pertumbuhan lembaga atau industri keuangan syariah di Indonesia yang
cukup signifikan membuat lembaga-lembaga dituntut untuk memiliki strategi
pemasaran yang baik untuk mempertahanan produk pembiayaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman serta
mengetahui strategi bauran pemasaran dalam produk musyarakah.
Obyek penelitian ini dalah KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF). Jenis
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari analisis SWOT
dalam metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengetahui kekuatan
(Strenghts), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman
(Thereast) dalam suatu proyek peneltian dan bauran pemasaran (Marketing mix)
dalam bidang pemasaran guna mencapai tujuan pemasaran, konsep bauran
pemasaran terdiri dari 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Promotions
(Promosi), Place (Tempat).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menganalisi strategi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah yang dilakukan BMT BIF
dengan cara jemput bola, servis ramah, pencairan dana dan pembiayaan mudah.
Hasil anaslis SWOT BMT BIF dalam hal ini belum menerapkan strategi 4P secara
keseluruhan.