dc.contributor.advisor | SUWARSI, AQIDAH ASRI | |
dc.contributor.author | TIWI, SRI PAMUNGKAS | |
dc.date.accessioned | 2017-07-06T02:52:26Z | |
dc.date.available | 2017-07-06T02:52:26Z | |
dc.date.issued | 2017-05-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11397 | |
dc.description | The significant growth of syariah financial institutions or industry in
Indonesia makes institutions required to have a good marketing strategy to defend
financing products. This study aims to knowing the strengths, weaknesses,
opportunities and thereast and know the marketing mix strategy in musyarakah
products.
The object of this research is KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF).
This type of research is qualitative with descriptive approach. From SWOT
analysis in strategic planning method used to know the strengths, weaknesses,
opportunities, and threats in a research project and marketing mix in marketing
to achieve marketing objectives, marketing mix concept consists of 4P that is
Product, Price, Promotion, and Place.
The results of this study indicate that in analyzing the marketing strategy
to increasing the number of customers conducted BMT BIF by pick up the ball,
friendly service, disbursement of funds and easy financing. The result of SWOT
BMT BIF in this case not yet implemented the 4P strategy as a whole. | en_US |
dc.description.abstract | Pertumbuhan lembaga atau industri keuangan syariah di Indonesia yang
cukup signifikan membuat lembaga-lembaga dituntut untuk memiliki strategi
pemasaran yang baik untuk mempertahanan produk pembiayaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman serta
mengetahui strategi bauran pemasaran dalam produk musyarakah.
Obyek penelitian ini dalah KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF). Jenis
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari analisis SWOT
dalam metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengetahui kekuatan
(Strenghts), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman
(Thereast) dalam suatu proyek peneltian dan bauran pemasaran (Marketing mix)
dalam bidang pemasaran guna mencapai tujuan pemasaran, konsep bauran
pemasaran terdiri dari 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Promotions
(Promosi), Place (Tempat).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menganalisi strategi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah yang dilakukan BMT BIF
dengan cara jemput bola, servis ramah, pencairan dana dan pembiayaan mudah.
Hasil anaslis SWOT BMT BIF dalam hal ini belum menerapkan strategi 4P secara
keseluruhan. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Analisis SWOT, Marketing Mix. SWOT Analysis, Marketing Mix | en_US |
dc.title | ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK MUSYARAKAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BAITUL MAAL WAL TANWIL (BMT) | en_US |
dc.title.alternative | (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
270 | en_US |