View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS V C SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (41.85Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.345Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (409.1Kb)
      ABSTRACT (97.49Kb)
      BAB I (119.1Kb)
      BAB II (192.2Kb)
      BAB III (192.0Kb)
      BAB IV (392.7Kb)
      BAB V (98.09Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (33.27Kb)
      LAMPIRAN (5.140Mb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      FINALITA, FELLA DWI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1 sebelum dilakukan metode card sort pada mata pelajaran Al Islam, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen I, 3) membuktikan apakah penggunaan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam di kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V C dengan jumlah 35 orang, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif persentase untuk data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif (active learning) metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase rata-rata dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Terbukti dari perolehan persentase keaktifan belajar siswa pada prasiklus sebesar 40% (kategori rendah). siklus I naik menjadi 56% (kategori sedang). Siklus II meningkat menjadi 79% (kategori tinggi). Sedangkan prestasi belajar pada prasiklus memperoleh persentase ketuntasan sebesar 37% (kategori rendah). Siklus I persentase ketuntasan menjadi 83% (sangat tinggi). Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat drastis menjadi 100% (sangat tinggi).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11446
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV