PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS V C SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas V C
SD Muhammadiyah Karangkajen 1 sebelum dilakukan metode card sort pada
mata pelajaran Al Islam, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al
Islam kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen I, 3) membuktikan apakah
penggunaan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al Islam di kelas V C SD Muhammadiyah
Karangkajen I.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research-CAR) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Satu siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek
penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V C dengan jumlah 35 orang, terdiri
dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan
empat metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan
tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang
dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif persentase untuk data
berupa observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif (active
learning) metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al Islam. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat
dari perolehan persentase rata-rata dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Terbukti
dari perolehan persentase keaktifan belajar siswa pada prasiklus sebesar 40%
(kategori rendah). siklus I naik menjadi 56% (kategori sedang). Siklus II
meningkat menjadi 79% (kategori tinggi). Sedangkan prestasi belajar pada
prasiklus memperoleh persentase ketuntasan sebesar 37% (kategori rendah).
Siklus I persentase ketuntasan menjadi 83% (sangat tinggi). Pada siklus II
persentase ketuntasan meningkat drastis menjadi 100% (sangat tinggi).