dc.contributor.advisor | MADJID, ABDUL | |
dc.contributor.author | FINALITA, FELLA DWI | |
dc.date.accessioned | 2017-07-06T07:28:18Z | |
dc.date.available | 2017-07-06T07:28:18Z | |
dc.date.issued | 2017-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11446 | |
dc.description | The purposes of this research are to: 1) know the activeness of students of
class V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1 before doing card sort method on Al
Islam subject, 2) to know student learning achievement on Al Islam subject in
class V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1, and 3) whether the use of card sort
method can improve the students’ activeness and learning achievement on Al
Islam subject in class V C SD Muhammadiyah Karangkajen 1.
This research is classroom action research consisting of 2 cycles. One
cycle consists of four stages: planning, execution, observation and reflection. The
subjects of this study are male and female students of class V C with the total of
35 people, consisting of 22 male students and 13 female students. This research
uses four methods of data collection that is observation, interview,
documentation, and test. Data analysis techniques used are qualitative and
quantitative analysis. Qualitative analysis is used for interview data and
documentation analyzed descriptively. While quantitative analysis is used for
percentage for data in the form of observation and test.
The results of this study indicate that the active learning model of card
sort method can improve the activeness and learning achievement of students on
Al Islam subject. The improvement in the activeness can be seen from the average
percentage gain from pre-cycle, cycle I, and cycle II. It is proven from the
acquisition of the percentage of students’ learning activeness learning in precycle
by 40% (low category). Cycle I increases to 56% (medium category). Cycle
II increases to 79% (high category). While the learning achievement in pre-cycle
gains achievement percentage of 37% (low category). Cycle I percentage
achievement increases to 83% (very high). In cycle II the percentage of
achievement increases dramatically to 100% (very high). | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui keaktifan siswa kelas V C
SD Muhammadiyah Karangkajen 1 sebelum dilakukan metode card sort pada
mata pelajaran Al Islam, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al
Islam kelas V C SD Muhammadiyah Karangkajen I, 3) membuktikan apakah
penggunaan metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al Islam di kelas V C SD Muhammadiyah
Karangkajen I.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research-CAR) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Satu siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek
penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V C dengan jumlah 35 orang, terdiri
dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan
empat metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan
tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang
dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif persentase untuk data
berupa observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif (active
learning) metode card sort dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al Islam. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat
dari perolehan persentase rata-rata dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Terbukti
dari perolehan persentase keaktifan belajar siswa pada prasiklus sebesar 40%
(kategori rendah). siklus I naik menjadi 56% (kategori sedang). Siklus II
meningkat menjadi 79% (kategori tinggi). Sedangkan prestasi belajar pada
prasiklus memperoleh persentase ketuntasan sebesar 37% (kategori rendah).
Siklus I persentase ketuntasan menjadi 83% (sangat tinggi). Pada siklus II
persentase ketuntasan meningkat drastis menjadi 100% (sangat tinggi). | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | keaktifan belajar, prestasi belajar, card sort dan PTK. learning activeness, learning achievement, card sort and CAR | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS V C SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 1 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
079 | en_US |