View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DI KLINIK PRATAMA PKU MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (14.93Kb)
      BAB III (276.4Kb)
      BAB I (111.2Kb)
      BAB II (303.0Kb)
      BAB IV (765.6Kb)
      BAB V (98.73Kb)
      COVER (29.69Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (100.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (637.2Kb)
      LAMPIRAN (2.083Mb)
      Date
      2017-04-29
      Author
      ZAKARIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan adalah badan usaha milik yayasan muhammadiyah yang berdiri sejak tanggal 3 September 2007. Permasalahan manajemen, keuangan dan sumber daya manusia masih menjadi pekerjaan pengurus dan pengelola Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Metode: jenis penelitian ini adalah studi komparasi dengan pendekatan mixed methods research, yaitu penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif. Subyek pada penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling, yaitu pimpinan staf manajemen klinik yang berjumlah 5 informan. Sedangkan untuk metode kuantitatif menggunakan total sampling, yaitu seluruh staf manajemen Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Hasil dan pembahasan: Data kualitatif: diproleh hasil analisis lingkungan internal dengan kekuatan terdiri dari fasilitas pelayanan, kemampuan sumber daya manusia, promosi dan penetapan tarif serta kelemahan yang meliputi sarana dan prasarana yang belum lengkap, kurangnya sumber daya manusia, manajemen organisasi dan keuangan belum terkelola dengan baik. Sedangkan analisis lingkungan eksternal memiliki peluang dari segi kebutuhan masyarakat, pelayanan 24 jam, pengembangan klinik dan kerjasama BPJS serta ancaman yang meliputi letak rawan bencana, dokter sering kosong, pendapatan masih minimal dan adanya pesaing. Data kuantitatif: diproleh hasil scoring IFE adalah 0,18 dan scoring EFE adalah 0,02. Dengan begitu posisi Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan berada pada kuadran 1, yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi bertumbuh (growth oriented strategy). Kesimpulan: rumusan strategi pemasaran yang tepat pada Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan adalah strategi bertumbuh (growth oriented strategy), dimana Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11486
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV