Show simple item record

dc.contributor.authorZAKARIA
dc.date.accessioned2017-07-08T03:18:31Z
dc.date.available2017-07-08T03:18:31Z
dc.date.issued2017-04-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11486
dc.description.abstractLatar Belakang: Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan adalah badan usaha milik yayasan muhammadiyah yang berdiri sejak tanggal 3 September 2007. Permasalahan manajemen, keuangan dan sumber daya manusia masih menjadi pekerjaan pengurus dan pengelola Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Metode: jenis penelitian ini adalah studi komparasi dengan pendekatan mixed methods research, yaitu penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif. Subyek pada penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling, yaitu pimpinan staf manajemen klinik yang berjumlah 5 informan. Sedangkan untuk metode kuantitatif menggunakan total sampling, yaitu seluruh staf manajemen Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Hasil dan pembahasan: Data kualitatif: diproleh hasil analisis lingkungan internal dengan kekuatan terdiri dari fasilitas pelayanan, kemampuan sumber daya manusia, promosi dan penetapan tarif serta kelemahan yang meliputi sarana dan prasarana yang belum lengkap, kurangnya sumber daya manusia, manajemen organisasi dan keuangan belum terkelola dengan baik. Sedangkan analisis lingkungan eksternal memiliki peluang dari segi kebutuhan masyarakat, pelayanan 24 jam, pengembangan klinik dan kerjasama BPJS serta ancaman yang meliputi letak rawan bencana, dokter sering kosong, pendapatan masih minimal dan adanya pesaing. Data kuantitatif: diproleh hasil scoring IFE adalah 0,18 dan scoring EFE adalah 0,02. Dengan begitu posisi Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan berada pada kuadran 1, yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi bertumbuh (growth oriented strategy). Kesimpulan: rumusan strategi pemasaran yang tepat pada Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan adalah strategi bertumbuh (growth oriented strategy), dimana Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.en_US
dc.publisherMMR UMYen_US
dc.subjectANALISIS SWOTen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMASARANen_US
dc.titleANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DI KLINIK PRATAMA PKU MUHAMMADIYAH CANGKRINGANen_US
dc.typeThesis MMR 22 2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record